Smart socket internet of things pemantau energi listrik menggunakan aplikasi smartphone / Yandhika Surya Akbar Gumilang - Repositori Universitas Negeri Malang

Smart socket internet of things pemantau energi listrik menggunakan aplikasi smartphone / Yandhika Surya Akbar Gumilang

Gumilang, Yandhika Surya Akbar (2019) Smart socket internet of things pemantau energi listrik menggunakan aplikasi smartphone / Yandhika Surya Akbar Gumilang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Gumilang Yandhika Surya Akbar. 2018. Smart Socket Internet of Things Pemantau Energi Listrik Menggunakan Aplikasi Smartphone. Skripsi. Prodi S1 Teknik Elektro.Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Eng Mokh. Sholihul Hadi S.T. M.Eng. (II) Dyah Lestari S.T. M.Eng. Kata Kunci smart socket internet of things energi listrik . Energi surya merupakan sumber energi yang tidak terbatas dan tidak akan pernah habis ketersediaannya. Pemanfaatan sumber energi matahari sangat mendukung di Indonesia ini hanya saja dalam 10 atau 12 jam tidak semuanya dalam keadaan cerah terkadang cuaca sering kali tidak stabil dalam arti kondisi mendung berawan dan hujan apalagi saat musim hujan melanda pemasangan instalasi panel surya yang masih tergolong mahal dan baterai pada panel surya juga terbatas. Oleh karena itu dibutuhkan penghematan energi yang dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah membuat adalah stopkontak pintar yang dapat menghitung energi listrik untuk memantau penggunaan listrik. Smart socket ini menggunakan internet of things yang terintregasi dengan aplikasi smartphone. Smart socket menggunakan sensor arus ACS-712 dan sensor tegangan ZMPT101B untuk mengukur energi listrik. Dengan menggunakan mikrokontroler Arduino Nano dan NodeMCU ESP8266 membuatnya bisa dipantau melalui internet. Ditambah modul relay agar dapat disaklar melalui perintah jarak jauh. Selain itu terdapat modul micro SD dan RTC DS3231 untuk data logging energi listrik. Dengan interface smartphone sistem operasi Android yang dibuat melalui Android Studio. Smart socket terdiri atas 2 socket dan memiliki 4 fitur yaitu pairing wifi pengukuran data logging dan timer. Dalam pembuatannya smart socket melalui tahap studi literatur perencanaan sistem realisasi pembuatan alat pengujian dan analisis dan terakhir pengambilan kesimpulan. Hasil dari alat smart socket sudah baik namun terjadi kesalahan dalam beberapa bagian. Rata-rata kesalahan pengukuran adalah 3.27 % data logging terjadi pergesaran 1 data antara data yang dikirim dengan waktu serta kesalahan timer dengan selisih waktu 5 sampai 30 detik. Dapat disimpulkan bahwa smart socket masih dikatakan valid dan dapat berfungsi dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48010

Actions (login required)

View Item View Item