Penerapan prinsip-prinsip andragogi dalam pembelajaran pesantren di Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang / Himma Nur Umami - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan prinsip-prinsip andragogi dalam pembelajaran pesantren di Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang / Himma Nur Umami

Umami, Himma Nur (2010) Penerapan prinsip-prinsip andragogi dalam pembelajaran pesantren di Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang / Himma Nur Umami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK ami Himma Nur. 2009. Penerapan Prinsip-prinsip Andragogi dalam Pembelajaran Pesantren di Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Lasi Purwito M.S (2) Drs. H. Imam Hambali M.Pd. Kata kunci andragogi pembelajaran pesantren Lembaga Tinggi Pesantren Luhur (Pesantren Luhur) merupakan pesantren mahasiswa yang menjadi salah satu bagian dari pendidikan di luar sekolah. Pesantren ini memiliki santri orang dewasa pembelajaran yang dilaksanakan berbeda dengan pembelajaran pada anak-anak. Pada saat ini kebutuhan masyarakat terutama muslim akan kehidupan yang bernafaskan Islam berkembang. Motto co-ownership co-responsibility dan co-determination menjadikan pesantren milik umat ini mengelola pembelajarannya tanpa terlepas dari keterlibatan santri sebagai peserta didik dewasa yang memiliki konsep diri pengalaman kebutuhan dan permasalahan yang berbeda dengan anak-anak. Penelitian ini digolongkan sebagai penelitian deskriptif kualitatif karena penelitian ini memaparkan suatu kondisi pembelajaran di Pesantren Luhur yang diharapkan menerapkan prinsip-prinsip andragogi. Dengan penelitian studi kasus yang mengeksplorasi bagaimana penerapan prinsip-prinsip andragogi dengan batasan terperinci memiliki pengambilan data melalui observasi yang mendalam dengan partisipasi aktif peneliti dalam pemebelajaran dan menyertakan berbagai sumber informasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa berbagai kegiatan pembelajaran di Pesantren Luhur yang meliputi perencanaan pelaksanaan dan evaluasi secara langsung melibatkan santri. Hal ini tidak lain berarti mewadahi pengalaman mereka kebutuhan mereka serta berorientasi pada permasalahan mereka. Namun tidak secara khusus penerapan prinsip-prinsip tersebut diaplikasikan sebagai bahan pembelajaran mereka hanya menjalankan sesuai dengan budaya pesantren yang dikelola umat. Hanya secara tidak langsung dengan keterlibatan mereka dalam pengelolaan maka pengalaman mereka akan mendasari pemikiran mereka dalam merencanakan melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran. Dan dengan keterlibatan mereka pula kebutuhan apa yang mereka harapkan dipenuhi dalam sebuah pembelajaran begitupula permasalahan yang sedang atau akan mereka hadapi untu dipecahkan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa Pesantren Luhur sudah menjalankan prinsip-prinsip andragogi tapi sejauh mana setiap prinsip berbeda kualitasnya. Disarankan bagi pihak Pesantren Luhur untuk tetap memepertahankan keterlibatan santri karena sebagai orang dewasa mereka memiliki kebutuhan untuk mengaktualisasikan diri serta meningkatkan pelaksanaan pembelajaran yang bernafaskan pengalaman santri sehingga santri semakin berkembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4801

Actions (login required)

View Item View Item