Analisis gangguan hubung singkat pada konfigurasi jaringan open loop 20KV menggunakan teorema Thevenin di Rayon Banyuwangi Kota / Muhammad Kurniaresa

Kurniaresa, Muhammad (2018) Analisis gangguan hubung singkat pada konfigurasi jaringan open loop 20KV menggunakan teorema Thevenin di Rayon Banyuwangi Kota / Muhammad Kurniaresa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Kurniaresa Muhammad. 2017. Analisis Gangguan Hubung Singkat Pada Konfigurasi Jaringan Open Loop 20KV Menggunakan Teorema Thevenin Di Rayon Banyuwangi Kota. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Yuni Rahmawati S.T. M.T (II) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. Kata Kunci Gangguan hubung singkat Teorema Thevenin Dalam data PLN Area Banyuwangi 2016 gangguan sering terjadi akibat banyak pohon yang berada di dekat jaringan listrik kurang adanya perawatan sehingga ranting pohon mengenai jaringan listrik. Tercatat dalam dokumentasi tersebut semua penyulang yang ada di Banyuwangi Kota pada trafo 1 2 dan 3 sudah mengalami gangguan hubung singkat. Berdasarkan masalah ini diperlukan sebuah analisis gangguan hubung singkat pada konfigurasi jaringan open loop 20kV. Analisis pada penelitian ini menggunakan teorema Thevenin. Teorema Thevenin dapat menyederhanakan rangkaian yang rumit menjadi lebih sederhana maka rangkaian gangguan hubung singkat yang terjadi dapat disederhanakan agar arus gangguan yang dicari dapat ditemukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghitung arus hubung singkat dengan perhitungan Thevenin dan software kemudian dianalisis untuk mencari arus nominal pada circuit breaker. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi analisis yang mengamati atau meneliti sebuah kasus arus gangguan yang terjadi pada jaringan distribusi tegangan menengah 20kV dengan penyelesaian menggunakan teorema Thevenin dan bantuan software. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah data PLN yang diperoleh dalam bentuk angka yang dapat dihitung dan berupa data historis dimana data akan diolah sesuai dengan teori-teori yang mendukung perhitungan gangguan hubung singkat dengan teorema Thevenin dan software. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Rayon Banyuwangi Kota khususnya penyulang Bulog dan penyulang Ketapang menggunakan konfigurasi jaringan open loop dengan kapasitas transformator tenaga 30 MVA. Kabel yang digunakan menggunakan jenis AAAC-S 3X150 XLPE 3X150 dan XLPE 3X240. Hasil arus gangguan hubung singkat menggunakan teorema Thevenin pada penyulang Bulog mendapatkan hasil paling tinggi 5 489 kA di section 1 dan paling rendah 2 994 kA di section 4 sedangkan untuk penyulang Ketapang nilai paling tinggi adalah 5 478 kA di section 1 dan nilai paling rendah 2 992 kA di section 4. Hasil arus gangguan hubung singkat dengan simulasi mendapatkan hasil yang sama pada kedua penyulang tiap sectionnya dan mempunyai nilai paling tinggi 5 6 kA di section 1 dan nilai paling rendah 3 3 kA di section 4. Analisis perbandingan antara perhitungan menggunakan teorema Thevenin dengan simulasi pada software mendapat error paling tinggi 9 27% pada penyulang Bulog dan 9 33% pada penyulang Ketapang. Besar kapasitas arus nominal circuit breaker pada penyulang Bulog dan Ketapang di section 1-4 mendapat hasil paling tinggi dengan nilai 6 0379 kA di penyulang Bulog dan 6 0258 kA di penyulang Ketapang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48000

Actions (login required)

View Item View Item