Hubungan antar latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar instruktur pelatihan dengan pemahaman prinsip-prinsip andragogi di lembaga pelatihan se-kota Malang / Arif Priyo Hidaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antar latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar instruktur pelatihan dengan pemahaman prinsip-prinsip andragogi di lembaga pelatihan se-kota Malang / Arif Priyo Hidaya

Hidaya, Arif Priyo (2010) Hubungan antar latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar instruktur pelatihan dengan pemahaman prinsip-prinsip andragogi di lembaga pelatihan se-kota Malang / Arif Priyo Hidaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidaya Arif Priyo. 2009. Hubungan Antara Latar Belakang Pendidikan dan Pengalaman Mengajar Instruktur Pelatihan dengan Pemahaman Prinsip-Prinsip Andragogi di Lembaga Pelatihan se-Kota Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Abdillah Hanafi M.Pd. (II) Drs. Imam Hambali M.Pd. Kata kunci Latar belakang pendidikan pengalaman mengajar instruktur pelatihan prinsip-prinsip andragogi. Pada umumnya peserta didik (trainees) dalam pelatihan adalah orang dewasa. Oleh karena itu instruktur pelatihan perlu memahami prinsip-prinsip belajar orang dewasa terlebih lagi penerapannya dalam praktik. Ilmu tentang bagaimana orang dewasa belajar disebut andragogi. Pemahaman seseorang sangat dipengaruhi oleh diri individu seperti pengalaman latar belakang pendidikan dan lain-lain. Untuk itu peneliti tertarik meneliti adakah hubungan antara latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar instruktur dengan pemahamannya tentang prinsip-prinsip andragogi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang latar belakang pendidikan pengalaman mengajar tingkat pemahaman instruktur pelatihan tentang prinsip-prinsip andragogi serta hubungan latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar instruktur pelatihan dengan pemahamannya tentang prinsip-prinsip andragogi di lembaga pelatihan se- Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif korelasional. Karena jumlah populasi sebanyak 67 atau kurang dari 100 maka pengambilan sampel sebesar 100% sehingga sampel ini merupakan sampel populasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif korelasi product moment dan korelasi ganda product moment. Berdasarkan hasil penelitian latar belakang pendidikan formal instruktur pelatihan sebagian besar memiliki tingkat pendidikan S1. Latar belakang pendidikan nonformal yaitu separuh dari instruktur pelatihan pernah mengikuti pelatihan yang relevan dengan program yang dilatihkan pada tingkat kota/kabupaten. Separuh dari instruktur pelatihan memiliki pengalaman mengajar pada pendidikan formal kurang atau sama dengan 4 tahun. Separuh dari instruktur pelatihan memiliki pengalaman mengajar pada pendidikan nonformal kurang atau sama dengan 4 tahun. Separuh dari instruktur pelatihan memiliki tingkat pemahaman sangat tinggi terhadap prinsip-prinsip andragogi. Separuh dari instruktur pelatihan memiliki tingkat pemahaman sangat tinggi tentang porses perencanaan dan memiliki tingkat pemahaman tinggi tentang proses pelaksanaan dan evaluasi. Tidak ada hubungan antara latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar instruktur pelatihan dengan pemahamannya tentang prinsip-prinsip andragogi di lembaga pelatihan di Kota Malang. Dari hasil pembahasan peneliti memberikan beberapa saran terutama kepada lembaga pelatihan yang terdaftar di Dinas Ketenagakerjaaan Kota Malang agar dengan dimilikinya pemahaman yang tinggi oleh instruktur pelatihan i diharapkan lembaga pelatihan dapat mendorong instrukturnya untuk menerapkan prinsip-prinsip andragogi dalam proses pelatihan. Lembaga pelatihan dapat mendorong instruktur yang belum memiliki pemahaman yang tinggi terhadap prinsip-prinsip andragogi untuk meningkatkan pemahamannya terhadap prinsipprinsip andragogi. Dalam memilih instruktur pelatihan tidak hanya memperhatikan kualifikasi pendidikan dan pengalaman mengajar instruktur tetapi juga perlu memperhatikan tingkat pemahaman instruktur tentang prinsip-prinsip andragogi.Bagi peneliti selanjutnya dengan tidak adanya korelasi antara latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar instruktur pelatihan dengan pemahamannya tentang prinsip-prinsip andragogi maka perlu diadakan penelitian lanjutan apakah ada korelasi antara pemahaman prinsip-prinsip andragogi dengan faktor-faktor lainnya. Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan instrument memperbanyak jumlah sampel dan mempertajam metode penggalian data.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4800

Actions (login required)

View Item View Item