Harapan orang tua pada pembelajaran anak usia dini (studi kasus di Kelompok Bermain Restu 2 Malang) / Moch. Ilham Al Rachman - Repositori Universitas Negeri Malang

Harapan orang tua pada pembelajaran anak usia dini (studi kasus di Kelompok Bermain Restu 2 Malang) / Moch. Ilham Al Rachman

Rachman, Moch. Ilham Al (2010) Harapan orang tua pada pembelajaran anak usia dini (studi kasus di Kelompok Bermain Restu 2 Malang) / Moch. Ilham Al Rachman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini merupakan suatu upaya pengembangan segala potensi anak usia dini yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional melalui proses pembelajaran sistematis di Kelompok Bermain sebagai salah satu satuan Pendidikan Non Formal. Dalam pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini peran serta orang tua sangat penting sebagai satu kesatuan komponen penunjang perkembangan anak. Harapan orang tua terhadap pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini melatarbelakangi terjadinya hubungan yang penting antara orang tua dan Kelompok Bermain. Tujuan penelitian ini adalah pertama ingin mengetahui harapan orang tua dalam pembelajaran anak usia dini kedua ingin mengetahui pembelajaran anak usia dini dalam rangka memenuhi harapan orang tua ketiga ingin mengetahui keterkaitan antara harapan orang tua dengan pembelajaran anak usia dini keempat ingin mengetahui latar belakang terjadinya keterkaitan antara harapan orang tua dengan pembelajaran. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode wawancara observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah orang tua wali murid dan guru Kelompok Bermain Restu 2. Analisis data menggunakan reduksi data display data dan pengambilan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan kehadiran peneliti ketekunan pengamatan dan proses triangulasi. Hasil penelitian ini adalah pertama harapan orang tua dalam pembelajaran anak usia dini di Kelompok Bermain Restu 2 adalah anak mampu menghadapi masalah-masalah perkembangannya. Kedua pembelajaran yang diselenggarakan Kelompok Bermain Restu 2 yang awalnya menggunakan metode area berubah menjadi metode BCCT dengan SKM dan SKH terstruktur lebih baik. Ketiga keterkaitan antara harapan orang tua dengan pembelajaran anak usia dini di Kelompok Bermain Restu 2 terjadi dengan baik menciptakan hubungan yang harmonis. Keempat terjadinya keterkaitan antara harapan orang tua dengan pembelajaran anak usia dini di Kelompok Bermain Restu 2 disebabkan adanya hubungan saling membutuhkan yaitu orang tua sebagai tim evaluasi kegiatan anak usia dini di rumah dan guru sebagai tim pelaksana pembelajaran di lembaga PAUD. Peran serta Kelompok Bermain Restu 2 dalam pembelajaran anak usia dini harus terstruktur dengan baik tetap mengedepankan nilai-nilai terpenting pertumbuhan perkembangan anak. Jurusan PLS khususnya program pendidikan anak usia dini mampu mengembangkan pengelolaan lembaga PAUD sesuai dengan harapan lingkungan masyarakat. Peran serta kedua orang tua dalam pembelajaran anak usia dini seharusnya lebih dirasakan oleh anak tidak terfokus kepada ibu. Mahasiswa mampu mengembangkan pengelolaan satuan Pendidikan Non Formal khususnya dalam pembelajaran pendidikan anak usia dini pada lembaga Kelompok Bermain sesuai dengan harapan orang tua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4799

Actions (login required)

View Item View Item