Penerapan model pembelajaran problem solving pada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X L 2 Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 6 Malang / Ardi Mukti Wibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem solving pada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X L 2 Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 6 Malang / Ardi Mukti Wibowo

Wibowo, Ardi Mukti (2016) Penerapan model pembelajaran problem solving pada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X L 2 Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 6 Malang / Ardi Mukti Wibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wibowo Ardi. 2016. Penerapan Model PembelajaranProblem Solving pada Mata Pelajaran Dasar Kelistrikan dan Pengukuran Listrik untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X L 2 SMK Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik Negeri 6 Malang. Proposal Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Puger Honggowiyono M.T. (II) M. Rodhi Faiz S.T. M.T. Kata Kunci Problem Solving Keaktifan Hasil Belajar Dasar Kelistrikan dan Pengukuran Listrik Berdasarkan observasi pada peserta didik kelas X SMK Negeri 6 Malang permasalahan yang dihadapi oleh guru adalah (1) pembelajaran masih berpusat pada siswa (2) siswa tidak aktif dalam proses pembelajaran dan cenderung gaduh (3) pemahaman materi dasar oleh siswa sangat kurang (4) model pembelajaran yang diterapkan guru tidak dapat dijalankan dengan optimal.. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menyelesaikan beberapa masalah pada guru dan peserta didik. Peneliti memilih untuk melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan menerapkan model pembelajaranProblem Solving untuk membantu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik yang belum optimal akibat metode pembelajaran yang kurang tepat. Peneliti menggunakan model penelitian berbentuk siklus (cycle). Model siklus yang digunakan berbentuk spiral model penelitian ini dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Langkah - langkah dalam model penelitian spiral meliputi planning (perencanaan) action (tindakan) observering (pengamatan) dan reflecting (refleksi) Hasil dari penelitian yang telah dilakukan terhadap siswa kelas X L 2SMK Negeri 6 Malang Malang pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik ini adalah (1) keaktifan siswa meningkat dari 81 57% pada siklus I menjadi 93 55% (2) hasil belajar siswa pada ranah pengetahuan meningkat dari 87 10% pada siklus I menjadi 96 77% pada siklus II (3) hasil belajar siswa pada ranah sikap meningkat dari 87 10% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II (3) hasil belajar siswa pada ranah keterampilan meningkat dari 87 10% pada siklus I menjadi 96 77% pada siklus II. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa menerapkan model pembelajaranProblem Solving diharapkan dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Dasar Kelistrikan dan Pengukuran Listrik pada siswa kelas X L 2SMK Negeri 6 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47985

Actions (login required)

View Item View Item