Norzaky, Abiyu Wisudawan (2015) Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement devision terhadap hasil belajar mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik pada siswa kelas X Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang / Abiyu Wisu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Abiyu. Wisudawan N. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devision Terhadap Hasil Pembelajaran Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik Pada Siswa Kelas X Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik Di SMK Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hary Suswanto M.T (II) Drs. Suwasono M.T. Kata Kunci Student Teams Achievement Devision Dasar dan Pengukuran Hasil Belajar. Berdasarkan data hasil observasi yang peneliti lakukan di SMKN 1 Singosari siswa kelas X pada waktu pembelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik adalah sebagai berikut (1) guru masih menggunakan metode pembelajaran kurang variasi (2) siswa kurang antusias dalam pembelajaran (3) Hasil belajar kurang memuaskan. Karena metode pembelajaran yang masih kurang bervariasi tersebut menyebabkan siswa menjadi cepat bosan dan kurang antusias dalam belajar sehingga menyebabkan hasil belajar siswa menjadi kurang memuaskan. Untuk itu agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan tercapainya tujuan pelajaran dalam mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivement Devision. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi perbedaan hasil belajar pada Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik antara siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Devision Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi eksperimental dengan desain non equivalent control group design. Desain penelitian ini menggunakan dua kelas dimana kelas eksperimen diterapkan perlakuan model pembelajaran Student Teams Achievement Division dan kelas kontrol tanpa diberikan model pembelajaran Student Teams Achievement Division. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t. Hasil Penelitian dilihat dari uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pada siswa kelas eksperimen yang diajar menggunakan metode pembelajaran Student Teams Achievment Devision dengan siswa kelas kontrol yang tanpa perlakuan. Dari hasil penelitian ditemukan hasil bahwa siswa pada kelas eksperimen yang diterapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division memiliki hasil belajar yang lebih baik daripada siswa kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Terbukti dari hasil analisa nilai rata-rata kelas eksperimen meningkat sebelum dan sesudah menggunakan metode. Selain itu juga nilai rata-rata kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/47979 |
Actions (login required)
View Item |