Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achiemen Division (STAD) untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik di SMKN 3 Mataram / M. Nuzuluddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achiemen Division (STAD) untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik di SMKN 3 Mataram / M. Nuzuluddin

Nuzuluddin, M (2015) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achiemen Division (STAD) untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik di SMKN 3 Mataram / M. Nuzuluddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nuzuluddin M. 2014. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik Di SMKN 3 Mataram. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Univarsitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Puger Honggowiyono M.T. (II) M. Rodhi Faiz S.T. M.T. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif STAD Aktivitas Belajar Hasil Belajar Pengukuran Listrik Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan dilapangan bahwa pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih cenderung berorientasi pada transfer pengetahuan semata dengan metode yang monoton. Hal inilah yang mengakibatkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian yang dilakukan guru di dalam kelasnya sendiri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa lebih meningkat. Model PTK yang digunakan adalah model kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. berdasarkan model PTK tersebut maka pada saat dilakukannya tindakan maka saat itu juga observasi dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajr siswa kelas X pada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik. Instrumen yang digunakan adalah post test dan lembar observasi observasi. Penelitian ini telah berhasil mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement (STAD) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X SMKN 3 Mataram. Hal ini ditunjukkan aktivitas belajar pada siklus I mencapai ketuntasan 66 67 % pada siklus II mencapai 87 88 % dan siklus III mencapai 100 %. begitu juga dengan hasil belajar siswa ranah pengetahuan pada siklus I mencapai 33 33% siklus II mencapai 72 73 % dan siklus III mencapai 96 97 %. Pada ranah sikap siklus I mencapai 78 79 % siklus II mencapai 87 88 % dan siklus III meningkat menjadi 96 97 %. Sedangkan ranah keterampilan pada siklus I mencapai 81 82 % siklus II meningkat menjadi 93 94 % dan siklus III mencapai 100%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47978

Actions (login required)

View Item View Item