Penerapan model Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Teknik Kerja Bengkel siswa kelas X TEI dfi SMK Negeri 1 Blitar / Elga Aris Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Teknik Kerja Bengkel siswa kelas X TEI dfi SMK Negeri 1 Blitar / Elga Aris Prasetyo

Prasetyo, Elga Aris (2015) Penerapan model Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Teknik Kerja Bengkel siswa kelas X TEI dfi SMK Negeri 1 Blitar / Elga Aris Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prastyo Elga Aris. 2014. Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Kerja Bengkel Siswa Kelas X TEI Di SMK Negeri 1 Blitar. Skripsi jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Slamet Wibawanto M.T. (II) M. Rodhi Faiz S.T. M.T. Kata Kunci Project Based Learning Hasil Belajar. Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran sebelumnya pada Standar Kompetensi Membuat Papan Rangkaian Tercetak (PRT) ditemui beberapa kondisi sebagai berikut (a) Hasil belajar siswa yang belum memenuhi KKM secara tuntas (b) Guru sebelumnya sudah menggunakan model PjBL akan tetapi langkah-langkahnya belum secara utuh. Untuk mengatasi permasalah tersebut solusi yang ditawarkan adalah menggunakan model PjBL yang dilaksanakan secara utuh sesuai dengan langka-langkah PjBL. Model ini dapat melatih siswa berfikir kritis mengembangkan keterampilannya dan menyelesaikan masalah berdasarkan dunia nyata. Sehingga dalam pelaksanaan pembelajarannya pun membutuhkan praktik secara langsung agar siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran. Diharapkan dengan penerapan model PjBL ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu model Kemmis dan McTaggart. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 3 siklus dan bersifat kolaboratif partisipatoris yaitu peneliti berkolaborasi dengan teman sejawat dalam pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian yang diperoleh hingga akhir siklus 3 yaitu ketuntasan hasil belajar ranah kognitif siklus 1 hingga siklus 3 mengalami kenaikan total sebesar 45 45% dengan persentase ketuntasan secara signifikan sebesar 100% ketuntasan hasil belajar afektif mengalami kenaikan total sebesar 12 24% dan ketuntasan hasil proyek siswa mengalami kenaikan sebesar 21 21%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan pada kompetensi dasar (3.2) Menerapkan gambar teknik elektronika berdasarkan standar ANSI dan DIN dan (4.2) Membuat macam-macam simbol diagram skematik papan rangkaian tercetak (PRT) tata letak komponen dan daftar serta harga komponen di bidang perekayasaan elektronika pada kelas X TEI 1 di SMK Negeri 1 Blitar tanpa proses remidi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47975

Actions (login required)

View Item View Item