Pengembangan trainer driver motor DC dan spepper dengan kendali mikrokontroler pada matakuliah Mekatronika Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Arya Kusumawardana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan trainer driver motor DC dan spepper dengan kendali mikrokontroler pada matakuliah Mekatronika Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Arya Kusumawardana

Kusumawardana, Arya (2015) Pengembangan trainer driver motor DC dan spepper dengan kendali mikrokontroler pada matakuliah Mekatronika Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Arya Kusumawardana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kusumawardana Arya. 2015. Pengembangan Trainer Driver Motor DC dan Stepper dengan Kendali Mikrokontroler pada Mata Kuliah Mekatronika Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dyah Lestari S.T. M.Eng. (2) Yuni Rahmawati S.T. M.T. Kata Kunci trainer driver motor DC motor stepper mekatronika Pengendalian dasar motor listrik merupakan salah satu sub bab bahasan materi pada mata kuliah mekatronika yang diajarkan pada mahasiswa prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro. Namun pada kenyataannya berdasarkan data angket wawancara dosen pengampu mata kuliah Mekatronika bahwa tidak semua kompetensi yang tertulis di katalog terlaksana karena perangkat trainer dan modul praktikum sebagian besar belum tersedia khususnya untuk bahasan pengendalian dasar motor listrik dan pada saat proses pembelajaran praktikum masih sebatas pada penggunaan project board. Apabila dilihat dari sisi efektifitas waktu proses pembelajaran masih kurang efektif sehingga dibutuhkan trainer driver motor. Sedangkan Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah (1) untuk mengembangkan trainerdriver motor DC dan Stepper pada mata kuliah mekatronika (2) untuk menguji apakah trainerdriver motor DC dan stepper pada mata kuliah mekatronika ini layak digunakan sebagai media pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan ADDIE. Adapun langkah-langkah penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini sebagai berikut (1) Analisis (2) Desain (3) Pengembangan (4) Implementasi dan (5) Evaluasi. Pengambilan data validasi pada pengembangan ini yaitu dengan angket. Angket yang digunakan terdiri dari tiga jenis berdasarkan responden yaitu untuk ahli media ahli materi dan pengguna atau mahasiswa. Hasil uji coba produk yang dilakukan pada 3 (tiga) kelompok responden tersebut diperoleh hasil sebagai berikut (1) ahli media menyatakan produk ini valid dan layak digunakan dengan persentase 97 14% (2) ahli materi menyatakan produk ini valid dan layak digunakan dengan persentase 97% dan (3) mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro offering B angkatan 2011 menyatakan produk ini valid dan layak digunakan dengan persentase 95 32%. Dengan demikian media pembelajaran yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.Agar produk yang dihasilkan dapat bermanfaat secara maksimal dalam kegiatan pembelajaran sebaiknya produk lebih baik dievaluasi terlebih dahulu sebelum digunakan ke ruang lingkup yang lebih luas. Selain itu sebaiknya dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui dampak hasil belajar peserta didik dari produk yang telah dikembangkan serta produk dapat dikembangkan lagi dengan menambahkan trainerdriver motor untuk pengendalian motor AC brushless DC dan motor servo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47974

Actions (login required)

View Item View Item