Pengembangan bahan ajar digital interaktif instalasi tenaga listrik berbasis Challenge Based Learning (CBL) untuk memfasilitasi kemandirian belajar siswa kelas XI Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik di SMK Negeri 2 Probolinggo / Filla Farida

Farida, Filla (2019) Pengembangan bahan ajar digital interaktif instalasi tenaga listrik berbasis Challenge Based Learning (CBL) untuk memfasilitasi kemandirian belajar siswa kelas XI Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik di SMK Negeri 2 Probolinggo / Filla Farida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Farida, Filla. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Digital Interaktif Instalasi Tenaga Listrik Berbasis Challenge Based Learning (CBL) Untuk Memfasilitasi Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik di SMK Negeri 2 Probolinggo. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hari Putranto, M.Pd. (II) I Made Wirawan, S.T., S.S.T., M.T. Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar Digital Interaktif, Challenge Based Learning (CBL), Kemandirian Belajar, Instalasi Tenaga Listrik. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan dalam pembelajaran guru menggunakan bahan ajar berupa jobsheet, power point, buku paket dan internet. Bahan ajar yang digunakan masih mengambil dari berbagai sumber karena belum tersedianya modul pembelajaran Instalasi Tenaga Listrik yang sesuai dengan silabus di SMKN 2 Probolinggo. Bahan ajar yang digunakan tersebut juga belum dimanfaatkan secara penuh oleh siswa karena siswa lebih suka membaca menggunakan media elektronik dari pada media cetak. Belum tersedianya modul ajar yang sesuai tersebut membuat pembelajaran menjadi tidak terstruktur. Masalah tersebut mengakibatkan siswa menjadi tidak berminat untuk belajar karena tidak memiliki buku pegangan sendiri dan masih bergantung kepada materi yang disampaikan oleh guru sehingga kemandirian belajar siswa sangat rendah. Tujuan dari pengembangan ini adalah membuat bahan ajar digital interaktif dalam bentuk modul untuk melihat kemandirian belajar siswa dengan melakukan observasi kemandirian belajar saat menggunakan bahan ajar digital interaktif yang dikembangkan. Berdasarkan analisis masalah dan potensi siswa tersebut, maka dibuatlah pengembangan bahan ajar digital interaktif instalasi tenaga listrik berbasis challenge based learning (CBL) untuk memfasilitasi kemandirian belajar siswa kelas XI TIPTL di SMK Negeri 2 Probolinggo. Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Sugiyono. Dalam model pengembangan Sugiyono ada 10 langkah R&D, diantaranya: (1) potensi dan masalah; (2) Pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) perbaikan desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian; (9) revisi produk; (10) pembuatan produksi masal Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh rata-rata persentase hasil validasi ahli sebesar 93,61%, uji coba produk sebesar 86,54%, uji coba pemakaian sebesar 88,42%, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar telah memenuhi kriteria sangat valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Sedangkan hasil observasi kemandirian belajar siswa nilai keaktifan satu kelasnya yaitu sebesar 79,44% yang termasuk dalam klasifikasi kemandirian yang tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47960

Actions (login required)

View Item View Item