Hubungan antara relevansi tempat prakerin dan pengalaman bermakna saat praktikum terhadap kematangan vokasional pada siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Pembangkit Tenaga Listrik di SMK PGRI 3 Malang / Maulana Nur Antoro Putro

Putro, Maulana Nur Antoro (2019) Hubungan antara relevansi tempat prakerin dan pengalaman bermakna saat praktikum terhadap kematangan vokasional pada siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Pembangkit Tenaga Listrik di SMK PGRI 3 Malang / Maulana Nur Antoro Putro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Putro, Maulana Nur Antoro. 2018. Hubungan antara Relevansi Tempat Prakerin dan Pengalaman Bermakna Saat Praktikum dengan Kematangan Vokasional Pada Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Pembangkit Tenaga Listrik di SMK PGRI 3 Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro, Program keahlian Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. H. Hakkun Elmunsyah, S.T., M.T. (2) Drs. Hari Putranto, M.Pd. Kata Kunci: Relevansi Tempat Prakerin, Pengalaman Bermakna Saat Praktikum, Kematangan Vokasional. Kematangan vokasional pada siswa SMK merupakan hal penting yang harus di miliki dengan melihat kecakapan skill mereka. Skill yang dimiliki siswa dalam menyelenggarakan prakerin menjadi faktor yang berpengaruh, sehingga relevansi tempat prakerin sangat dibutuhkan untuk menunjang kematangan vokasional siswa. Selain itu skill siswa yang berpengaruh terhadap kematangan vokasional juga didapat dari pengalaman bermakna saat siswa melakukan kegiatan praktikum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap hubungan antara relevansi tempat prakerin (X1), dan pengalamaan bermakna saat praktik kerja industri (X2) terhadap kematangan vokasional (Y) baik secara parsial maupun simultan serta mendeskripsikan masing-masing variabel X1, dan X2 dengan Y. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan penelitian deskriptif korelasional. Responden dari penelitian ini adalah siswa kelas XII Program keahlian teknik pembangkit tenaga listrik di SMK PGRI 3 Malang yang terdiri dari 150 siswa dengan sampel sebesar 110 siswa, pengambilan data setiap variabel diambil denga mengguakan angket. Hasil penelitian ini adalah relevansi tempat praktik kerja industri (X1) dalam kategori sangat tinggi yaitu sebesar 64 siswa (58,2%), pengalaman bermakna saat praktikum (X2) dalam kategori tinggi yaitu sebesar 63 mahasiswa (57,2%), dan kematangan vokasional (Y) dalam kategori tinggi dan sangat tinggi sebesar 55 siswa (50%), sedangkan sumbangan prediktor sebesar 61,30%, dan 18,56% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar faktor yang diteliti. Kesimpulan dari peneitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara relevansi tempat prakerin dengan kematangan vokasional siswa SMK kelas XII Program keahlian teknik pembangkit tenaga listrik di SMK PGRI 3 Malang, terdapat hubungan antara pengalaman bermakna saat praktikum terhadap kematangan vokasional siswa SMK kelas XII Program keahlian teknik pembangkit tenaga listrik di SMK PGRI 3 Malang, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara relevansi tempat prakerin dan pengalaman bermakna saat praktikum terhadap kematangan vokasional siswa SMK kelas XII Program keahlian teknik pembangkit tenaga listrik di SMK PGRI 3 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Feb 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47958

Actions (login required)

View Item View Item