Pengembangan trainer mikrokontroler menggunakan komunikasi bluetooth untuk meningkatkan kompetensi pemrograman mikrokontroler dalam materi pelajaran mikroprosesor dan mikrokontroler kelas XI Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Kepanjen / Kholis Siah Anjani

Anjani, Kholis Siah (2019) Pengembangan trainer mikrokontroler menggunakan komunikasi bluetooth untuk meningkatkan kompetensi pemrograman mikrokontroler dalam materi pelajaran mikroprosesor dan mikrokontroler kelas XI Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Kepanjen / Kholis Siah Anjani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anjani, Kholis Siah. 2018. Pengembangan Trainer Mikrokontroler Menggunakan Komunikasi Bluetooth untuk Meningkatkan Kompetensi Pemrograman Mikrokontroler dalam Matapelajaran Mikroprosesor dan Mikrokontroler Kelas XI Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Kepanjen. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dyah Lestari, S.T., M.Eng., (II) Dr. Muladi, S.T., M.T. Kata Kunci: pengembangan, trainer, mikrokontroler, komunikasi Bluetooth, kompetensi pemrograman Secara umum, media pembelajaran dalam lingkup sekolah kejuruan menggunakan trainer yang dapat memvisualisasikan materi pembelajaran secara nyata. Tetapi, berdasarkan hasil penelitian pra-pengembangan yang telah dilakukan, diperoleh beberapa informasi masalah diantaranya: (1) trainer yang digunakan berupa komponen terpisah sehingga harus dirangkai di project board terlebih dahulu, (2) berdasarkan materi pokok Matapelajaran Mikroprosesor dan Mikrokontroler, komponen pendukung praktikum terbatas, (3) hasil belajar peserta didik untuk aspek keterampilan belum mencapai target yang diinginkan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk merancang, menguji kelayakan dan menguji keefektifan dari trainer mikrokontroler menggunakan komunikasi Bluetooth sebagai media pembelajaran Matapelajaran Mikroprosesor dan Mikrokontroler Kelas XI Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Kepanjen. Perancangan dilakukan dengan menganalisis kebutuhan dan desain media pembelajaran. Uji kelayakan dilakukan untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran yang dihasilkan. Sedangkan uji efektifitas dilakukan untuk mengetahui keunggulan produk dibandingkan dengan media pembelajaran lama. Pengembangan ini menggunakan model penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall. Desain penelitian menggunakan One-Shot Case Study dan Pre-test Post-test Control Grup Design yang mengadaptasi dari penelitian eksperimen. Data penelitian untuk bahan pengembangan diperoleh dari angket dan tes hasil belajar peserta didik kelas XI TEI. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap analisi validitas, dan analisis t-test. Hasil pengumpulan data yang dilakukan, diketahui bahwa analisa uji validasi dan uji coba media pembelajaran menyatakan produk yang dihasilkan sangat valid. Sedangkan pengujian keefektifan media pembelajaran menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil postest kelas kontrol dengan hasil postest kelas eksperimen dan hasil penilaian keterampilan kelas kontrol dengan hasil penilaian kelas eksperimen terhadap media pembelajaran yang digunakan. Sehingga, media pembelajaran telah siap diimplementasikan langsung di sekolah sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi pemrograman mikrokontroler.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47954

Actions (login required)

View Item View Item