Interaksi kemandirian belajar dengan penerapan model pembelajaran TAI dibandingkan STAD pengaruhnya terhadap hasil belajar dasar listrik dan elektronika pada siswa Kelas X TITL di SMKN 1 Blitar / Heru Andrianto

Andrianto, Heru (2019) Interaksi kemandirian belajar dengan penerapan model pembelajaran TAI dibandingkan STAD pengaruhnya terhadap hasil belajar dasar listrik dan elektronika pada siswa Kelas X TITL di SMKN 1 Blitar / Heru Andrianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Andrianto, Heru 2018. Interaksi Kemandirian Belajar dengan Penerapan Model Pembelajaran TAI Dibandingakan STAD Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika pada Siswa Kelas X Jurusan TITL SMKN 1 BITAR. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Kata Kunci : Kemandirian Belajar, Team Assisted IndividuaLly, Student Team Achievment Division, dan Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) interaksi antara kemandirian belajar dengan penerapan model pembelajaran STAD dan TAI. (2) perbedaan antara hasil belajar kemandirian tinggi dan kemandirian rendah dengan penerapan model pembelajaran STAD dan TAI. (3) Perbedaan yang paling signifikan antara hasil belajar kemandirian tinggi dan kemandirian rendah dengan penerapan model pembelajaran STAD dan TAI. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian True Experiment. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Blitar subjek penelitian adalah siswa kelas X TITL dengan jumlah sampel sebanyak 72 siswa. Data kemandirian belajar siswa diperoleh dengan menyebarkan angket dan data hasil belajar siswa diperoleh dari nilai post test. Validitas instrumen tes menggunakan validitas isi yang dilakukan oleh expert judgement. Validitas konstruksi, tingkat kesukaran butir soal, uji daya beda dan reliabiitas tes menggunakan bantuan software SPSS. Validitas instrument angket menggunakan validitas isi yang dilakukan oleh expert judgement, validitas konstruksi dan reliabilitas angket menggunakan bantuan software SPSS. Pengujian hipotesis menggunakan uji Anova Dua Jalur (Two Way Anova) dan uji Post Hock Comparision dengan software SPSS. Hasil belajar kelas kemandirian tinggi dengan penerapan model pembelajaran STAD mendapatkan rat-rata 79,06, dan kelas kemandirian rendah dengan model STAD mendapatkan rata-rata hasil 78,61. Hasil belajar kelas kemandirian tinggi dengan model pembelajaran TAI mendapatkan rata-rata 85,94 dan kelas kemandirian tinggi dengan model TAI mendapatkan rata-rata 84,61. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa: (1) hasil belajar kemandirian tinggi dengan penerapan model pembeajaran TAI mendapatkan rata-rata hasil yang paling tinggi, dan hasil belajar kemandirian rendah dengan penerapan model pembelajaran STAD mendapatkan rata-rata hasil belajar terendah. (2) Tidak ada interaksi antara kemandirian belajar dengan penerapan model pembelajaran STAD dan TAI terhadap hasil belajar siswa. (3) terdapat perbedaan antara hasil belajar kemandirian tinggi dan kemandirian rendah dengan penerapan model pembelajaran STAD dan TAI. (4) terdapat salah satu perbedaan yang paling signifikan anatara hasil belajar kemandirian tinggi dan kemandirian rendah dengan penerapan model pembelajaran STAD dan TAI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47951

Actions (login required)

View Item View Item