Penggunaan peta konsep dalam kegiatan belajar pada mata pelajaran sains (study kasus di Paket B PKBM Ki Hadjar Dewantara Malang) / Arumita Andarukmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan peta konsep dalam kegiatan belajar pada mata pelajaran sains (study kasus di Paket B PKBM Ki Hadjar Dewantara Malang) / Arumita Andarukmi

Andarukmi, Arumita (2010) Penggunaan peta konsep dalam kegiatan belajar pada mata pelajaran sains (study kasus di Paket B PKBM Ki Hadjar Dewantara Malang) / Arumita Andarukmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andarukmi Arumita 2009. Pengunaan Peta Konsep Dalam Kegiatan Belajar Pada Mata Pelajaran Sains (Studi Kasus Di Paket B PKBM Ki Hadjar Dewantara Malang). Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) (Drs. H. M. A. Prawoto M.Pd II) Drs. Kentar Budhojo M.Pd Kata kunci Paket B pembelajaran peta konsep Tujuan penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu tujuan umum dan tujuan operasional. Untuk tujuan umumnya adalah untuk mengetahui penggunaan peta konsep dalam kegiatan belajar pada mata pelajaran sains Paket B di PKBM Ki Hadjar Dewantara Malang. Sedangkan untuk tujuan operasionalnya adalah untuk mendiskripsikan respon warga belajar terhadap penggunaan peta konsep dalam kegiatan belajar pada mata pelajaran sains Paket B di PKBM Ki Hadjar Dewantara Malang yang berkaitan dengan materi pembelajaran metode pembelajaran dan waktu pembelajaran serta untuk mendiskripsikan hasil penggunaan peta konsep dalam kegiatan belajar pada mata pelajaran sains Paket B di PKBM Ki Hadjar Dewantara Malang. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan rancangan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer (data utama) dan data sekunder. Data primer berupa data yang diamati dicatat dan didapatkan langsung yaitu arsip dokumen dan lain-lain. Data primer dalam penelitian ini berupa kata-kata (ucapan) informan PKBM Ki Hadjar Dewantara Malang yang meliputi pihak kepala PKBM Ki Hadjar Dewantara Malang instruktur atau tutor warga belajar Paket B dan sumber lain yang terkait Sedangkan data sekundernya adalah sejarah PKBM Ki Hadjar Dewantara Malang letak kondisi wilayah data rekapan warga belajar dan data lain yang mendukung. Analisa data terbagi dalam tiga tahap (1) reduksi data (2) display data dan (3) penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Sains ini memberikan pengetahuan yang ada pada warga belajar dan mendidik warga belajar untuk bersifat alamiah yang sesuai pada ilmu sains. Respon warga belajar dan hasil belajar pada penggunaan Peta Konsep terhadap materi metode dan waktu pembelajaran berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan. Warga belajar mendapatkan suatu pengalaman baru yang bermanfaat dalam belajar dan akan disumbangkan pada kegiatan pembelajaran yang lainnya yang tentunya dapat digunakan sebagai evaluasi dalam belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat diajukan beberapa saran kepada pihak tutor agar bisa agar memberikan sumbangan dalam melaksanakan dan mengembangkan strategi dan metode pembelajaran khususnya dalam hal pemakaian peta konsep yang digunakan untuk mengetahui konsep-konsep yang telah dikuasai warga belajar cara mempelajari cara belajar warga belajar menggunakan konsepsi warga belajar dan sebagai alat evaluasi belajar warga belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4795

Actions (login required)

View Item View Item