Hubungan antara kebermaknaan mengikuti kegiatan praktikum dan literasi teknologi listrik dengan kesiapan menjadi teknisi bagi siswa Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK di Kota Blitar / Resy Cahyanti

Cahyanti, Resy (2018) Hubungan antara kebermaknaan mengikuti kegiatan praktikum dan literasi teknologi listrik dengan kesiapan menjadi teknisi bagi siswa Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK di Kota Blitar / Resy Cahyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Cahyanti, Resy. 2018. Hubungan antara Kebermaknaan Mengikuti Kegiatan Praktikum dan Literasi Teknologi Listrik dengan Kesiapan menjadi Teknisi bagi Siswa Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK di Kota Blitar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Setiadi Cahyono Putro, M.Pd., M.T., pembimbing (II) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T., M.Pd. Kata kunci: kebermaknaan mengikuti kegiatan praktikum, literasi teknologi listrik, kesiapan menjadi teknisi. Pendidikan merupakan suatu proses interaksi manusia dengan lingkungannya guna untuk mengembangkan segala potensi yang ada dalam dirinya. Pemerintah mendirikan lembaga pendidikan formal untuk pelaksanaan pendidikan tersebut. Salah satu lembaga pendidikan formal tersebut adalah Pendidikan Menengah Kejuruan. Pendidikan menengah kejuruan mengutamakan untuk mempersiapkan siswa untuk mampu bersaing dalam memasuki dunia kerja. Sebelum memasuki dunia kerja, siswa dibekali dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dilakukan pada saat pembelajaran praktikum. Selain kegiatan praktikum, siswa juga harus memiliki kemampuan literasi untuk kesiapan memasuki dunia kerja. Kemampuan literasi bermanfaat agar siswa mampu bersaing secara lokal dan global dalam memasuki dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kebermaknaan mengikuti kegiatan praktikum (X1), literasi teknologi listrik (X2), dan kesiapan menjadi teknisi (Y) bagi siswa program keahlian teknik ketenagalistrikan SMK di Kota Blitar, (2) mengungkap signifikansi hubungan antara X1 dengan Y, (3) mengungkap signifikansi hubungan antara X2 dengan Y, dan (4) mengungkap signifikansi hubungan antara X1 dan X2 secara simultan terhadap Y dan besar kontribusinya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XII program keahlian teknik ketenagalistrikan di Kota Blitar dengan jumlah populasi sebanyak 226 siswa. Didapatkan jumlah sampel sebanyak 148 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Untuk mengukur variabel X1, variabel X2, dan variabel Y menggunakan angket tertutup. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi menggunakan software aplikasi SPSS. Hasil dari penelitian ini adalah (1) variabel X1 , X2, Y berkategori tinggi, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara X1 dengan Y dengan nilai Psig 0,000 < 0,05, (3) terdapat hubungan yang positif dan tidak signifikan antara X2 dengan Y dengan nilai Psig 0,490 < 0,05, (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara X1 dan X2 dengan Y secara simultan, (5) sumbangan relatif (SR) X1 dan X2 sebesar 97,1% dan 2,9%, (6) sumbangan efektif (SE) X1 dan X2 sebesar 30,87% dan 0,92%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) variabel X1 berkategori sangat tinggi, variabel X2 dan Y berkategori tinggi, (2) terdapat hubungan yang positif antara X1 dan Y, (3) terdapat hubungan yang positif dan tidak signifikan antara X2 dan Y, (4) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X1 dan X2 dengan Y secara simultan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47949

Actions (login required)

View Item View Item