Pengembangan trainer instrumentasi gas untuk mata kuliah sensor dan transduser di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Nur Cholis Hadi

Hadi, Nur Cholis (2018) Pengembangan trainer instrumentasi gas untuk mata kuliah sensor dan transduser di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Nur Cholis Hadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i Ringkasan Hadi Nur Cholis 2018. Pengembangan Trainer Instrumentasi Gas untuk Mata Kuliah Sensor dan Transduser di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Eng. Siti Sendari S.T. M.T. (II) Dr. Eng. Mokh. Sholihul Hadi S.T. M. Eng. Kata kunci Pengembangan Trainer Instumentasi Gas Sensor dan Transduser. Sensor gas merupakan salah satu bagian yang dipelajari dalam mata kuliah Sensor dan Transduser. Setelah melakukan observasi di Lab Digital dan wawancara pada dosen pengampu mata kuliah Sensor dan Transduser serta laboran Lab Digital diperoleh informasi bahwa belum terdapat trainer gas yang layak untuk kegiatan praktikum mata kuliah tersebut. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk (1) mengembangkan Trainer Instrumentasi Gas CO dan CH4 Sensor dan Transduser (2) mengembangkan Jobsheet Instrumentasi Gas CO dan CH4 Sensor dan Transduser (3) mengembangkan Buku Panduan Instrumentasi Gas CO dan CH4 Sensor dan Transduser (4) Mengetahui tingkat kelayakan trainer jobsheet dan buku panduan dalam proses pembelajaran mata kuliah Sensor dan Transduser. Metode Pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE langkah - langkah model pengembangan ADDIE antara lain Analyze atau analisa kebutuhan Design atau perencanaan Development atau pengembangan Implementation atau implementasi Evaluation atau evaluasi.. Berdasarkan uji validitas oleh Ahli 1 dan Ahli 2 untuk trainer didapatkan validitas sebesar 96% untuk aspek media dan sebesar 96%untuk aspek materi. Kemudian untuk jobsheet didapatkan validitas sebesar 98.5% untuk aspek media dan sebesar 98% untuk aspek materi. Sedangkan untuk buku panduan didapatkan validitas sebesar 96% untuk aspek media dan sebesar 92.5% untuk aspek materi. Selanjutnya produk di implementasikan kepada subjek uji coba dengan hasil kelayakan rata-rata 87.62% untuk Trianer 87.11% untuk Jobsheet 88.26% untuk Buku Panduan dengan kriteria kelayakan produk sangat layak. Berdasarkan hasil uji coba produk trainer jobsheet dan buku panduan dinyatakan valid dan dapat digunakan untuk mata kuliah Sensor dan Transduser di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47948

Actions (login required)

View Item View Item