Pengembangan bahan ajar dasar listrik dan elektronika berbasis multimedia menggunakan flipbook untuk menumbuhkan pemahaman konsep pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Singosari / Risna Dwi Afiandani

Afiandani, Risna Dwi (2018) Pengembangan bahan ajar dasar listrik dan elektronika berbasis multimedia menggunakan flipbook untuk menumbuhkan pemahaman konsep pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Singosari / Risna Dwi Afiandani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Afiandani, Risna Dwi. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Dasar Listrik dan Elektronika Berbasis Multimedia menggunakan Flipbook untuk Menumbuhkan Pemahaman Konsep pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Singosari. Skripsi, S1 Pendidikan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Muladi, S.T ., M. T. (II) Dyah Lestari, S.T ., M.Eng. Kata Kunci: Bahan Ajar, Multimedia, Flipbook, Dasar Listrik dan Elektronika. Kurikulum 2013 revisi 2017 Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik terdapat Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Berdasarkan silabus mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kurikulum 2013, termasuk dalam salah satu materi pokok yang dibahas. Namun di SMK Negeri 1 Singosari masih belum memanfaatkan bahan ajar yang sudah disediakan karena kurangnya minat siswa untuk mempelajari bahan ajar cetak. Berdasarkan masalah di atas, bahan ajar yang akan dikembangkan berupa modul Dasar Listrik dan Elektronika berbasis multimedia. Tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan modul pembelajaran berbentuk flipbook yang dapat digunakan pada proses pembelajaran, mengembangkan media pembelajaran pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika, menguji kelayakan modul pembelajaran berupa flipbook dan mengimplementasikan modul pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Model pengembangan yang digunakan pada pengembangan ini diadopsi dari model pengembangan Sadiman dkk. Tahap-tahap yang dilakukan antara lain: Identifikasi Kebutuhan, Perumusan Tujuan, Perumusan Butir-butir Materi, Perumusan Alat Pengukur Keberhasilan, Penulisan Naskah Media, Tes/Uji Coba, Revisi, Naskah Siap Produksi. Hasil dari pengembangan modul pembelajaran ini telah divalidasi oleh ahli serta telah diuji cobakan kepada siswa kelas X SMK Negeri 1 Singosari melalui evaluasi kelompok kecil, evaluasi lapangan dan uji pemahaman konsep. Kelayakan modul pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika diketahui berdasarkan angket ahli 1 dan ahli 2 memperoleh skor 92,44% (sangat layak). Evaluasi kelompok kecil memperoleh skor 87,06% (sangat layak). Evaluasi lapangan memperoleh skor 87,72% (sangat layak). Uji coba pemahaman konsep memperoleh skor 92% (sangat layak). Berdasarkan skor tersebut modul pembelajran Dasar Listrik dan Elektronika dinyatakan sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil uji coba pemahaman materi dapat diketahui berdasarkan hasil belajar siswa, yang menyatakan modul pembelajaran dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk memahamkan konsep pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47947

Actions (login required)

View Item View Item