Pengembangan modul pembelajaran berbentuk digital mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik (PDE) berbasis mind mapping untuk memahamkan konsep pada siswa kelas X TIPTL di SMKN 2 Probolinggo / Siska Dwi Ambarwati

Ambarwati, Siska Dwi (2018) Pengembangan modul pembelajaran berbentuk digital mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik (PDE) berbasis mind mapping untuk memahamkan konsep pada siswa kelas X TIPTL di SMKN 2 Probolinggo / Siska Dwi Ambarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ambarwati, Siska Dwi. 2018. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbentuk Digital Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik (PDE) Berbasis Mind Mapping untuk Memahamkan Konsep Pada Siswa Kelas X TIPTL di SMKN 2 Probolinggo. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Drs. Hari Putranto, M.Pd., (II) Dyah Lestari, S.T., M.Eng. Kata Kunci: Pengembangan, Modul Berbentuk Digital, Pekerjaan Dasar Elektromekanik, Mind Mapping, Pemahaman Konsep. Modul digital atau elektronik merupakan bentuk penyajian bahan ajar yang disusun secara sistematis dan disajikan dalam format elektronik. Modul digital memuat materi terstruktur yang dapat digabungkan dengan animasi, gambar, video, atau musik sehingga modul akan terlihat lebih menarik. Materi pada modul ajar digital yang akan dikembangkan yaitu materi pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik Semester Gasal. Pekerjaan Dasar Elektromekanik merupakan salah satu mata pelajaran produktif yang terdapat di paket keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik. Penggunaan mind mapping pada modul ini dapat memudahkan siswa untuk memetakan konsep-konsep materi di awal pembelajaran, mengetahui hubungan antar-materi, dan mengetahui materi yang akan dipelajari sehingga tidak terjadi kesalahan konsep pada siswa. Dari hasil observasi pada guru pengampu mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik, diperoleh informasi bahwa pada pembelajaran PDE bahan ajar yang digunakan berupa hardcopy tayangan PPT. Bahan ajar lain yang disediakan oleh Kemendikbud berupa e-book. Namun, bahan ajar tersebut tidak sesuai dengan kompetensi dasar yang ingin dicapai. Kurangnya sumber belajar dalam pembelajaran menyebabkan kegiatan belajar siswa menjadi kurang optimal, maka dibuatlah modul ajar digital PDE semester gasal. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah merencanakan, mengembangkan, menguji kelayakan modul, serta menguji efektifitas untuk pemahaman konsep pada siswa. Modul tersebut diatas dikembangkan menggunakan model penelitian dan pengembangan menurut Sadiman. Langkah-langkah yang akan ditempuh dalam pengembangan antara lain: (1) Identifikasi kebutuhan; (2) Perumusan tujuan; (3) Perumusan butir-butir materi; (4) Perumusan alat pengukur keberhasilan; (5) Penulisan naskah media; (6) Validasi/uji coba; (7) Revisi; dan (8) Produksi. Produk yang dihasilkan berupa modul pembelajaran berbentuk digital dengan ekstensi .exe untuk komputer/PC dan .apk untuk smartphone. Produk yang dikembangkan telah divalidasi oleh tiga ahli dan diuji coba pada 15 siswa kelas XI TIPTL uji kelompok kecil dan 31 siswa kelas X TIPTL uji coba lapangan dan kebergunaan produk. Hasil validasi ahli sebesar 93,8%. Hasil uji coba kelompok kecil sebesar 90,0%, uji coba lapangan sebesar 90,8%, dan nilai uji pemahaman konsep sebesar 94,2. Berdasarkan hasil tersebut maka modul layak dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran PDE untuk memahamkan konsep pada siswa kelas X TIPTL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47946

Actions (login required)

View Item View Item