Pengembangan bahan ajar digital instalasi tenaga listrik berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk keaktifan siswa kelas XI TIPTL di SMKN 2 Probolinggo / Zainab Khoirullailah

Khoirullailah, Zainab (2018) Pengembangan bahan ajar digital instalasi tenaga listrik berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk keaktifan siswa kelas XI TIPTL di SMKN 2 Probolinggo / Zainab Khoirullailah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Khoirullailah, Zainab. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Digital Instalasi Tenaga Listrik berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Keaktifan Siswa Kelas XI TIPTL di SMKN 2 Probolinggo. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hari Putranto, M.Pd. (II) I Made Wirawan, S.T., S.S.T., M.T. Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar Digital, Contextual Teaching and Learning, Keaktifan, Instalasi Tenaga Listrik. Berdasarkan kegiatan observasi yang telah dilakukan telah diketahui siswa lebih suka membaca bahan ajar elektronik daripada dengan bahan ajar cetak. Bahan ajar yang digunakan guru masih berupa powerpoint, jobsheet, buku paket, dan internet. Bahan ajar yang digunakan masih mengambil dari berbagai sumber, masih belum ada bahan ajar yang terstruktur sesuai dengan materi di silabus. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk membuat sebuah bahan ajar digital dan juga untuk melihat keaktifan belajar siswa dengan melakukan observasi keaktifan belajar saat menggunakan bahan ajar digital yang dikembangkan. Maka dari itu diadakan penelitian ini untuk mengetahui apakah perlu adanya Pengembangan Bahan Ajar Digital Instalasi Tenaga Listrik berbasis Contextual Teaching and Learning untuk keaktifan siswa Kelas XI TIPTL di SMKN 2 Probolinggo. Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Sugiyono. Dalam model pengembangan Sugiyono ada 10 langkah R&D, diantaranya: (1) potensi dan masalah; (2) Pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) perbaikan desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian; (9) revisi produk; (10) pembuatan produksi masal Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh rata-rata persentase hasil validasi ahli sebesar 89,17%, uji coba produk sebesar 90,1%, uji coba pemakaian sebesar 92%, dari hasil tersebut dapat disimpulan bahwa bahan ajar telah memenuhi kriteria sangat valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Sedangkan hasil observasi keaktifan siswa nilai keaktifan satu kelasnya yaitu sebesar 84,86% yang termasuk dalam klasifikasi sangat aktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47945

Actions (login required)

View Item View Item