Interaksi keaktifan dan penerapan model pembelajaran CBL dibandingkan model pembelaharan TGT pengaruhnya terhadap hasil belajar dasar listrik dan elektronika pada siswa kelas X di SMK Negeri 1 Kediri / Muhammad Andri Khusnawan

Khusnawan, Muhammad Andri (2018) Interaksi keaktifan dan penerapan model pembelajaran CBL dibandingkan model pembelaharan TGT pengaruhnya terhadap hasil belajar dasar listrik dan elektronika pada siswa kelas X di SMK Negeri 1 Kediri / Muhammad Andri Khusnawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khusnawan Muhammad Andri. 2018. Interaksi Keaktifan dan Penerapan Model Pembelajaran Challenge Based Learning Dibandingkan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Pada Siswa Kelas X TITL di SMKN 1 Kediri . Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Setiadi C. P. M. Pd. M. T. (II) I Made Wirawan S.T. S.S.T. M.T. Kata Kunci Keaktifan Belajar Challenge Based Learning Teams Games Tournament Hasil Belajar. Berdasarkan observasi di Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik kelas X di SMKN 1 Kediri diperoleh kondisi belajar siswa yang kurang aktif. Proses penyampaian materi pelajaran hanya berlangsung satu arah. Siswa masih belum bisa berperan aktif dalam pembelajaran sedangkan guru sebagai pusat dalam pembelajaran. Untuk menumbuhkan keaktifan belajar siswa pada pelajaran dasar listrik dan elektronika diperlukan model pembelajaran yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) deskripsi hasil belajar siswa yang dipengaruhi oleh interaksi keaktifan dan penerapan model pembelajaran (2) menguji signifikansi interaksi keaktifan siswa dan model pembelajaran terhadap hasil belajar (3) menguji signifikansi antar kelas keaktifan siswa dan penerapan variasi model pembelajaran terhadap hasil belajar (4) mengetahui perbedaan hasil belajar yang paling signifikan antar pasangan kelas. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan metode true experiment dengan desain faktorial 2x2. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X TITL 1 dan X TITL 2 SMKN 1 Kediri sejumlah 68 siswa. Teknik analisis menggunakan ANOVA dua jalur dan post-hoc comparison. Penelitian ini menggunakan instrumen perlakuan dan instrumen penilaian. Instrumen perlakuan terdiri dari silabus rencana pelaksanaan pembelajaran bahan ajar dan jobsheet. Instrumen pengukuran terdiri dari soal posttest pilihan ganda dan lembar observasi keaktifan siswa. Hasil belajar kognitif siswa diukur melalui soal posttest sejumlah 25 soal. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu (1) rata-rata hasil belajar kelas CBL1 sebesar 88.00 CBL 2 sebesar 77.64 TGT 1 sebesar 88.23 dan TGT 2 sebesar 84.94. (2) ada interaksi keaktifan siswa dan model pembelajaran terhadap hasil belajar (3) ada perbedaan yang signifikansi antar kelas keaktifan siswa dan penerapan variasi model pembelajaran terhadap hasil belajar (4) perbedaan yang signifikan pada kelas CBL 1 dengan CBL 2 dan CBL 2 dengan TGT 1. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) rata-rata hasil belajar kelas CBL1 sangat tinggi CBL 2 sebesar sedang TGT 1 sebesar sangat tinggi TGT 2 sebesar sedang. (2) ada interaksi keaktifan siswa dan model pembelajaran terhadap hasil belajar (3) ada perbedaan yang signifikansi antar kelas keaktifan siswa dan penerapan variasi model pembelajaran terhadap hasil belajar (4) perbedaan yang signifikan pada kelas CBL 1 dengan CBL 2 dan CBL 2 dengan TGT 1.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47944

Actions (login required)

View Item View Item