Amalia, Nafisah Septin (2018) Pengembangan bahan ajar pekerjaan dasar elektromekanik (PDE) untuk menstimulus kreatifitas siswa kelas X Listrik SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang / Nafisah Septin Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Amalia Nafisah Septin. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik (PDE) untuk Menstimulus Kreatifitas Siswa Kelas X Listrik SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Muladi S.T. M.T. (2) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. Kata Kunci pengembangan bahan ajar kreatifitas. Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik (PDE) merupakan salah satu mata pelajaran produktif untuk siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) yang menerapakan kurikulum 2013. Pada Kurikulum 2013 siswa dituntut untuk berfikir kreatif dan inovatif untuk kesiapan memasuki dunia kerja di abad ke 21. Berdasarkan hasil observasi dengan melakukan wawancara terdapat beberapa permasalahan yaitu rendahnya kreatifitas siswa sehingga hasil belajar di bawah KKM. Hal tersebut disebabkan karena belum tersedia bahan ajar yang mudah untuk dipahami oleh siswa. Dengan melihat kondisi tersebut perlu dikembangkan sebuah bahan ajar yang dapat menstimulus kreatifitas siswa agar hasil belajar maksimal dan sesuai kompetensi yang harus dicapai untuk menstimulus kreatifitas melalui bahan ajar dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Bahan ajar yang sesuai dengan kondisi sekolah dengan fasilitas LCD proyektor yang memadai maka bahan ajar dapat dikembangkan berupa bahan ajar digital. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menghasilkan produk bahan ajar berbasis flash untuk menstimulus kraetifitas siswa Kelas X Listrik SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang. Model pengembangan ini menggunakan model pengembangan Sugiyono (R D) yang terdiri dari 10 tahap yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) ujicoba produk (7) revisi produk (8) ujicoba pemakaian (9) revisi produk (10) produk akhir. Desain uji coba yang akan dilakukan dalam penelitian ini yaitu desain produk revisi produk uji coba produk revisi uji coba pemakaian produk akhir. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh persentase hasil validasi ahli media (1) sebesar 93 38 % ahli materi (2) sebesar 93 33 % uji coba produk sebesar 85 06% dan uji coba pemakaian sebesar 88 82% dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar telah memenuhi kriteria valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Oct 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/47943 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |