Perbedaan penerapan model pembelajaran examples non examples dengan picture and picture pengaruhnya terhadap hasil belajar pemahaman konsep control robotik pada siswa kelas XII Jurusan Elektronika Industri SMK Negeri 2 Singosari / Nasya Ramadhaniar Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan penerapan model pembelajaran examples non examples dengan picture and picture pengaruhnya terhadap hasil belajar pemahaman konsep control robotik pada siswa kelas XII Jurusan Elektronika Industri SMK Negeri 2 Singosari / Nasya Ramadhaniar Putra

Putra, Nasya Ramadhaniar (2018) Perbedaan penerapan model pembelajaran examples non examples dengan picture and picture pengaruhnya terhadap hasil belajar pemahaman konsep control robotik pada siswa kelas XII Jurusan Elektronika Industri SMK Negeri 2 Singosari / Nasya Ramadhaniar Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putra Nasya Ramadhaniar. 2018. Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples dengan Picture and Picture Pengaruhnya terhadap Pemahaman Konsep Control Robotik pada Siswa Kelas XII Jurusan Elektronika Industri SMK Negeri 2 Singosari. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Kata Kunci Pemahaman Konsep Model Pembelajaran Examples Non Examples Model Pembelajaran Picture and Picture Control Robotik Kesulitan yang dihadapi para guru selama pembelajaran adalah kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi control robotik. Hal ini disebabkan oleh kurangnya minat peserta didik dalam pembelajaran kemudian metode pembelajaran yang terlalu berpusat pada peserta didik menyebabkan peserta didik gaduh. Hal tersebut menyebabkan materi control robotik yang seharusnya dikuasai peserta didik tidak dapat dipahami dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pemahaman konsep control robotik melalui model pembelajaran examples non examples (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pemahaman konsep control robotik melalui model pembelajaran picture and picture (3) mengidentifikasi adanya perbedaan penerapan model pembelajaran examples non examples dengan picture and picture terhadap peningkatan pemahaman konsep control robotik. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan mengambil nilai pada ujian sebelumnya untuk mengetahui nilai awal rata-rata kelas. Nilai tersebut diuji menggunakan uji kesamaan dua rata-rata. Kemudian kedua kelas sampel diberi perlakuan berbeda berupa model pembelajaran examples non examples dan model pembelajaran picture and picture. Dilanjutkan dengan pemberian post-test untuk mengambil dan membandingkan hasil belajar pemahaman konsep control robotik siswa. Hasil post-test diuji menggunakan independent sample T-test dan n-gain ternormalisasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai t hitung t tabel (5 856 1 672). Sehingga H0 ditolak bahwa ada perbedaan yang signifikan rata-rata hasil belajar pemahaman konsep control robotik antara penggunaan kedua model pembelajaran. Hasil uji n-gain ternormalisasi pada penggunaan model pembelajaran examples non examples sebesar 0 479 dengan kategori sedang. Sedangkan n-gain hasil belajar pemahaman konsep control robotik menggunakan model pembelajaran picture and picture sebesar 0 198 dengan kategori rendah. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran examples non examples menghasilkan peningkatan yang berbeda dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture. Penggunaan model pembelajaran examples non examples meningkatkan pemahaman konsep control robotik lebih tinggi dari pada model pembelajaran picture and picture

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47942

Actions (login required)

View Item View Item