Pengaruh vocational skill, self determination dan program bimbingan karir terhadap kemampuan memilih karir siswa pasca SMK Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik di Kota Probolinggo / Ishaq Ainun Bashro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh vocational skill, self determination dan program bimbingan karir terhadap kemampuan memilih karir siswa pasca SMK Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik di Kota Probolinggo / Ishaq Ainun Bashro

Bashro, Ishaq Ainun (2018) Pengaruh vocational skill, self determination dan program bimbingan karir terhadap kemampuan memilih karir siswa pasca SMK Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik di Kota Probolinggo / Ishaq Ainun Bashro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bashro I. A. 2018. Pengaruh Vocational Skill Self Determination Program Bimbingan Karir terhadap Kemampuan Memilih Karir Siswa Pasca SMK Jurusan Teknik Instalasi Listrik se-Kota Probolinggo. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hakkun Elmunsyah S.T. M.T. (II) Drs. Hari Putranto M.Pd. Kata kunci Vocational Skill Self Determination Program Bimbingan Karir Kemampuan Memilih Karir. Pada era sekarang ini tuntutan dalam dunia bisnis sangatlah ketat dan sulit. Tidak sedikit individu yang ingin mencari pekerjaan tetapi tidak banyak pula instansi yang membutuhkan tenaga kerja. Hal ini mengakibatkan setiap pemilik instasi sangat selektif dalam pemilihan sumber daya manusia agar dapat memberikan kontribusi yang positif bagi perusahaan. Pembentukan sumber daya manusia yang kompeten dapat diwujudkan melalui dunia pendidikan. Tujuan pendidikan secara umum ialah untuk mengubah segala macam kebiasaan buruk yang ada didalam diri manusia menjadi kebiasaan baik yang mampu bersaing dan menjawab berbagai tantangan dalam memilih karir. Penilitian ini dirancang dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh antara vocational skill (X1) self determination (X2) dan program bimbingan karir (X3) terhadap kemampuan siswa dalam memilih karir (Y) setelah lulus dari SMK pada jurusan teknik instalasi tenaga listrik se-Kota Probolinggo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi yang dipilih adalah siswa kelas XII jurusan teknik instalasi tenaga listrik se-Kota Probolinggo sebanyak 130 siswa dan sampelnya 91 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode propotional random sampling. Skala pengukuran menggunakan skala Likert dengan empat pilihan jawaban. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian dapat diperoleh nilai Ajusted R Square (R2) sebesar 0 335 atau sebesar 33 5% yang artinya vocational skill self determination dan program bimbingan karir secara bersama-sama mempengaruhi kemampuan memilih karir sebesar 33 5%. Sedangkan sisanya 62 5% dipengaruhi variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (a) Ada pengaruh positif dan signifikan antara vocational skill dengan kemampuan memilih karir siswa (b) Ada pengaruh positif dan signifikan antara self determination dengan kemampuan memilih karir siswa (c) Ada pengaruh positif dan signifikan antara program bimbingan karir dengan kemampuan memilih karir siswa dan (d) Ada pengaruh positif dan signifikan antara vocational skill self determination dan program bimbingan karir secara simultan terhadap kemampuan memilih karir siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47939

Actions (login required)

View Item View Item