Pengembangan trainer sistem otomasi motor tiga fasa berbasis mikrokontroler untuk meningkatkan kompetensi pemrograman sistem otomasi pada Jurusan Teknik Elektronika Industri / Nanda Bagus Haditama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan trainer sistem otomasi motor tiga fasa berbasis mikrokontroler untuk meningkatkan kompetensi pemrograman sistem otomasi pada Jurusan Teknik Elektronika Industri / Nanda Bagus Haditama

Haditama, Nanda Bagus (2018) Pengembangan trainer sistem otomasi motor tiga fasa berbasis mikrokontroler untuk meningkatkan kompetensi pemrograman sistem otomasi pada Jurusan Teknik Elektronika Industri / Nanda Bagus Haditama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Haditama Nanda Bagus. 2018. Pengembangan Trainer Sistem Otomasi Motor Tiga Fasa Berbasis Mikrokontroler untuk Meningkatkan Kompetensi Pemrograman Sistem Otomasi pada Jurusan Teknik Elektronika Industri. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Eng. Anik Nur Handayani S.T. M.T. (II) Dyah Lestari S.T. M.Eng. Kata Kunci trainer sistem otomasi motor tiga fasa mikrokontroler pemrograman Trainer merupakan suatu media pembelajaran praktik yang digunakan untuk menunjang penyerapan pengetahuan menggunakan media benda nyata. Trainer dalam penyajiannya menyesuaikan pada kompetensi mata pelajaran yang akan dicapai. Trainer Sistem Otomasi Motor Tiga Fasa ini menggunakan mikrokontroler sebagai pemroses data utamanya. Dalam pengaplikasiannya trainer membutuhkan media cetak berupa buku tugas dan buku panduan penggunaan trainer. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan trainer sebagai media pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian pra-pengembangan yang dilakukan diperoleh 4 masalah yang dapat diangkat sebagai topik penelitian. Pertama masalah kondisi trainer yang perlu mengikuti perkembangan kurikulum dan perkembangan zaman untuk menyiapkan lulusan yang tidak gagap perkembangan teknologi. Kedua masalah bahasa pemrograman yang digunakan masih sulit dipahami oleh peserta didik. Ketiga masalah kondisi trainer yang masih bongkar pasang dan sering terjadi hubung singkat sehingga memperpendek waktu untuk memprogram. Keempat masalah pencapaian hasil belajar pada aspek keterampilan yang masih belum dapat mencapai target yang diharapkan oleh para guru pelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk merancang menguji validasi dan menguji keefektifitas dari hasil pengembangan media pembelajaran yang dilakukan. Perancangan dilakukan dengan menganalisis kebutuhan dan desain media pembelajaran. Uji validasi dilakukan untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran yang dihasilkan. Sedangkan uji efektifitas dilakukan untuk mengetahui keunggulan produk dibandingkan dengan media pembelajaran lama. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall. Desain penelitian menggunakan One-Shot Case Study dan Randomized Pre-test Post-test Control Grup Design yang mengadaptasi dari penelitian eksperimen. Data penelitian untuk bahan pengembangan diperoleh dari angket dan tes hasil belajar peserta didik kelas XII TEI. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap penelaahan data tahap identifikasi dan klasifikasi data serta tahap evaluasi data. Hasil media pembelajaran dapat dinyatakan sangat layak digunakan di sekolah. Produk juga mempunyai keunggulan dibandingkan dengan media pembelajaran lama yang dibuktikan dengan peningkatan rata-rata hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47936

Actions (login required)

View Item View Item