Pengembangan trainer flip-flop pada mata pelajaran elektronika kelas X Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Kepanjen / Zainur Afriyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan trainer flip-flop pada mata pelajaran elektronika kelas X Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Kepanjen / Zainur Afriyanto

Afriyanto, Zainur (2018) Pengembangan trainer flip-flop pada mata pelajaran elektronika kelas X Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Kepanjen / Zainur Afriyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Afriyanto Zainur. 2017. Pengembangan Trainer Flip-Flop Pada Mata Pelajaran Elektronika Kelas X Elektronika Industri Di Smk Negeri 1 Kepanjen/Proposal Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suwasono M.T. (II) Drs. Hari Putranto. Kata Kunci Pengembangan Bahan Ajar Trainer Elektronika Digital Flip-flop. Hasil wawancara dengan guru pengampu mata pelajaran elektonika jurusan elektronika industri di SMK negeri 1 Kepanjen didapatkan informasi bahwa belum tersedianya bahan ajar berupa trainer flip-flop. Pembelajaran mengenai flip-flop di SMK Negeri 1 Kepanjen masih kurang efektif karena siswa merasa kesulitan untuk mengoperasikan dan memahami dasar fungsi fungsi atau prinsip kerja dari berbagai kompetensi yang ada didalamnya. Pembelajaran praktikum flip-flop saat ini masih menggunakan simulasi karena belum tersedianya media pembelajaran trainer dan jobsheet sehingga siswa hanya bisa memperhatikan layar LCD atau laptop tanpa bersentuhan langsung dengan praktikum flip-flop. SMKN 1 Kepanjen terdapat potensi untuk mendukung penelitian yaitu sudah tersedianya oscilloscope dan power supply. Pemahaman akan materi flip-flop dapat meningkat jika dibantu dengan media pembelajaran yang mendukung. Manfaat dari adanya media pembelajaran adalah kegiatan pembelajaran dapat terlaksana dengan baik lebih menarik jelas dan interaktif dan dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Berdasarkan permasalahan yang ada SMK Negeri 1 Kepanjen Program Keahlihan Teknik Elektronika Industri membutuhkan media pembelajaran berupa trainer flip-flop modul jobsheet yang mengacu pada kurikulum 2013 revisi pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X semester 2. Flip-flop merupakan salah satu kompetensi dasar yang terdapat pada silabus kurikulum siswa kelas X jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK negeri 1 Kepanjen. Tujuan dari adanya penelitian pengembangan ini adalah untuk merancang membuat serta menguji kelayakan bahan ajar trainer flip-flop untuk siswa kelas X Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Kepanjen. Bahan ajar trainer flip-flop akan dikembangkan berupa trainer flip-flop beserta modul dan jobsheet dengan kompetensi yang disesuaikan pada silabus kurikulum 2013 revisi. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE (Benny 127) yang telah dibagi lima komponen langkah penelitian. Langkah-langkahnya adalah (1) Analysis yaitu analisis kebutuhan (2) Design yaitu menentukan strategi pembelajaran (3) Development yaitu memproduksi program pembelajaran (4) Implementation yaitu melaksanakan program pembelajaran dan (5) Evaluation yaitu melakukan evaluasi program. Pengambilan data validasi pada penelitian dan pengembangan ini menggunakan angket/kuisioner yang diberikan pada ahli media ahli materi dan mahasiswa. Evaluasi satu lawan satu dilakukan oleh ahli materi dan ahli media sedangkan evaluasi kelompok kecil dan evaluasi lapangan dilakukan oleh 37 siswa kelas X TEI 1 ABSTRACT Afriyanto Zainur. 2017. Development of Flip-Flop Trainer on Electroics Course for X Electronics Industry at State Smk 1 Kepanjen / Proposal Thesis Department of Electrical Engineering Faculty of Engineering State University of Malang. Counselor (I) Drs. Suwasono M.T. (II) Drs. Hari Putranto. Keywords Development Materials Trainer Digital Electronics Flip-flop. The results of interviews with teachers electronics subjects elektonika electronics industry in SMK Negeri 1 Kepanjen obtained information that the unavailability of teaching materials in the form of flip-flop trainer. Learning about the flip-flop in SMK Negeri 1 Kepanjen is still less effective because students find it difficult to operate and understand the basic functions or working principles of the various competencies in it. Learning practicum flip-flop is still using the simulation because of the lack of learning media trainer and jobsheet so that students can only pay attention to the LCD screen or laptop without direct contact with the practicum flip-flop. SMKN 1 Kepanjen there is potential to support research that is already available oscilloscope and power supply. Understanding of the flip-flop material can be improved if supported by supporting learning media. The benefits of learning media are learning activities can be done well more interesting clear and interactive and can achieve the expected goals. Based on the existing problems SMK Negeri 1 Kepanjen Program Election of Industrial Electronics Engineering requires instructional media in the form of flip-flop trainer module jobsheet which refers to the 2013 revision curriculum in Basic Electronics Elementary Class X second semester.Flip-flop is one of the basic competencies contained in the syllabus curriculum of X class students majoring in Industrial Electronics Engineering at SMK Negeri 1 Kepanjen. The purpose of this research development is to design create and test the feasibility of flip-flop trainer materials for students of class X Electronics Industry at SMK Negeri 1 Kepanjen. Flip-flop trainer teaching materials will be developed in the form of flip-flop trainers along with modules and jobsheets with competencies adjusted to the revised 2013 curriculum syllabus. The development model used in this research is the development model of ADDIE (Benny 127) which has been divided into five components of the research step. The steps are (1) Analysis that is requirement analysis (2) Design that is determining learning strategy (3) Development that is producing learning program (4) Implementation that is implementing learning program and (5) Evaluation is doing program evaluation. Taking validation data in this research and development using questionnaire / questionnaire given to media expert material expert and student. The one-on-one evaluation was conducted by material experts and media experts while small group evaluation and field evaluation were conducted by 37 students of X TEI 1

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47933

Actions (login required)

View Item View Item