Pengembangan modul ajar workshop instalasi penerangan listrik dengan model project based learning untuk menumbuhkan kreativitas mahasiswa S1 PTE UM / Gilang Rafiqa Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul ajar workshop instalasi penerangan listrik dengan model project based learning untuk menumbuhkan kreativitas mahasiswa S1 PTE UM / Gilang Rafiqa Sari

Sari, Gilang Rafiqa (2018) Pengembangan modul ajar workshop instalasi penerangan listrik dengan model project based learning untuk menumbuhkan kreativitas mahasiswa S1 PTE UM / Gilang Rafiqa Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Gilang Rafiqa. 2017. Pengembangan Modul Ajar Workshop Instalasi Penerangan Listrik dengan Model Project based learning untuk Menumbuhkan Kreativitas Belajar Mahasiswa S1 PTE UM. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Muladi S.T. M.T. (II) Drs. Hari Putranto M.Pd. Kata Kunci Modul Instalasi Penerangan Listrik Project based learning Kreativitas Belajar. Pada mata kuliah Workshop Instalasi Penerangan Listrik memiliki standar kompetensi mahasiswa dapat melakukan persiapan kerja dan pengujian instalasi dalam dan luar gedung serta melaksanakan kesehatan dan keselamatan kerjanya. Dalam penerapannya mahasiswa membutuhkan panduan pelaksanaan praktikum serta sumber belajar maka dibuatlah modul. Modul merupakan salah satu bahan ajar yang digunakan untuk meningkatkan efektifitas belajar. Pada sebuah modul terdapat materi pembelajaran yang terstruktur dan menjadi satu kesatuan sehingga akan memudahkan mahasiswa dalam memahami materi terkait. Pada pengembangan modul yang dilaksanakan menggunkan model Dick Carey. Terdapat 9 langkah Dick Carey yang diterapkan dalam modul (1) Identifikasi tujuan (2) Melakukan analisis instruksional (3) Mengidentifikasi perilaku dan karakteristik (4) Merumuskan tujuan performansi (5) Mengembangkan kriteria untuk uji produk (6) Mengembangkan strategi instruksional (7) Mengembangkan dan menyeleksi bahan instruksional (8) Merancang dan melaksanakan penilaian formatif (9) Revisi instruksional. Produk yang telah dikembangkan divalidasi dan diujicobakan kepada Mahasiswa PTE 2014 10 mahasiswa uji coba kelompok kecil dan 30 mahasiswa uji coba lapangan serta 17 mahasiswa D3 TE untuk uji coba kebergunaan produk dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa. Hasil validasi materi dalam model sebesar 93 1% dan untuk validasi media sebesar 97 7%. Hasil uji coba kelompok kecil sebesar 89 4%. Untuk hasil uji coba lapangan mencapai 91 3%.Hasil uji coba kebergunaan produk yang dilaksanakan dengan wawancara jika diambil nilai rata dari keenam aspek diperoleh nilai 82 3% mahasiswa menyatakan setuju bahwa modul yang dikembangkan dinyatakan mampu menumbuhkan kreativitas mahasiswa. Berdasarkan hasil uji coba tersebut maka modul dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran mahasiswa S1 PTE UM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47932

Actions (login required)

View Item View Item