Pengembangan trainer filling conveyor sebagai media pembelajaran pada mata kuliah workshop otomasi industri di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Miftachul Jannah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan trainer filling conveyor sebagai media pembelajaran pada mata kuliah workshop otomasi industri di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Miftachul Jannah

Jannah, Miftachul (2018) Pengembangan trainer filling conveyor sebagai media pembelajaran pada mata kuliah workshop otomasi industri di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Miftachul Jannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Jannah Miftachul. 2017. Implementasi Pendampingan Mahasiswa Difabel Deskripsi tentang PSLD Universitas Brawijaya dalam melaksanakan pendampingan bagi mahasiwa difabel. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Mohammad Efendi M.Pd. M.Kes (II) Dr. Sihkabuden M.Pd. Kata kunci Pendampingan Mahasiswa difabel PSLD UB Setiap orang berhak mengembangkan diri dengan memperoleh pendidikan yang layak termasuk para penyandang difabel. Undang-undang 19 Tahun 2011 Pasal 24 ayat 1 tentang ratifikasi Konvensi Internasional Hak-Hak Penyandang Disabilitas menyatakan bahwa negara-negara pihak mengakui hak penyandang disabilitas atas pendidikan tanpa diskriminasi dan wajib menjamin sistem pendidikan yang bersifat inklusif pada setiap jenjang mulai dari tingkat dasar menengah dan perguruan tinggi. Namun pada pelaksanaannya masih sedikit perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan inklusi hal ini membuat masih minimnya para penyandang difabel yang mendapat ijasah S1. Salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan inklusi adalah Universitas Brawijaya. Perwujudan lingkungan inklusif di Universitas Brawijaya dilakukan dengan memberi layanan oleh Pusat Studi dan Layanan Disabilitas (PSLD) kepada mahasiswa difabel berupa pendampingan pada kegiatan akademik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Peneliti mengumpulkan data melalui wawancara observasi dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah an lisis data model Miles dan Huberman yangterdapat 3 aktivitas di dalamnya yaitu 1) reduksi data 2) data display dan 3) verifikasi atau penyajian data disimpulkan. Sedangkan untuk menetapkan keabsahan data peneliti melakukan triangulasi sumber triangulasi teknik dan member check. Hasil yang didapatkan oleh peneliti adalah pelaksanaan pendampingan mahasiswa difabel oleh PSLD UB sudah cukup baik. Hal ini terbukti dengan pelaksanaan pendampingan sudah sesuai dengan jenis hambatan karakteristik dan kebutuhan belajar setiap mahasiswa difabel. Namun layanan pendampingan masih belum bisa mengatasi ketergantungan mahasiswa difabel terhadap pendamping sehingga mereka masih tetap didampingi meskipun sudah berada di semester akhir bahkan ada yang masih mendapat pendampingan penuh sampai mereka lulus. Harapan dari peneliti adalah PSLD UB dapat memberi bimbingan kepada mahasiswa difabel untuk melatih kemandirian mereka supaya mereka memiliki bekal untuk benar-benar siap terjun ke masyarakat dengan mandiri tanpa menggantungkan diri lagi pada orang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47931

Actions (login required)

View Item View Item