Hubungan wawasan dunia kerja, pengetahuan keteknikan, dan social persuasion dengan kesiapan memasuki dunia kerja pada siswa SMK Jurusan Teknik Elektronika Industri di Kabupaten Malang / Muhailmi Istiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan wawasan dunia kerja, pengetahuan keteknikan, dan social persuasion dengan kesiapan memasuki dunia kerja pada siswa SMK Jurusan Teknik Elektronika Industri di Kabupaten Malang / Muhailmi Istiana

Istiana, Muhailmi (2018) Hubungan wawasan dunia kerja, pengetahuan keteknikan, dan social persuasion dengan kesiapan memasuki dunia kerja pada siswa SMK Jurusan Teknik Elektronika Industri di Kabupaten Malang / Muhailmi Istiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Istiana Muhailmi. 2018. Hubungan Wawasan Dunia Kerja Pengetahuan Ketek nikan dan Social Persuasion dengan Kesiapan Memasuki Dunia Kerja pada Siswa SMK Jurusan Teknik Elektronika Industri di Kabupaten Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Setiadi C.P. M.Pd. M.T. (II) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. Kata Kunci Wawasan Dunia Kerja Pengetahuan Keteknikan Social Persuasion Kesiapan Memasuki Dunia Kerja. Pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama dibidang tertentu untuk bekerja dalam bidang tertentu (pasal 15 UU SPN 20 tahun 2003). Berdasarkan hal tersebut siswa SMK memiliki kesiapan memasuki dunia kerja. Tingkat kesiapan memasuki dunia kerja dapat dipengaruhi adanya wawasan dunia kerja pengetahuan keteknikan dan social persuaion. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan wawasan dunia kerja (X1) pengetahuan keteknikan (X2) social persuasion (X3) dan kesiapan memasuki dunia kerja (Y) (2) mengungkapkan signifikansi dan hubungan X1 dan Y (3) mengungkapkan signifikansi dan hubungan X2 dan Y (4) mengungkapkan signifikansi dan hubungan X3 dan Y (5) mengungkapkan signifikansi dan hubungan X1 dan X2 secara simultan dengan Y (6) mengungkapkan signifikansi dan hubungan X1 dan X3 secara simultan dengan Y (7) mengungkapkan signifikansi dan hubungan X2 dan X3 secara simultan dengan Y dan (8) mengungkapkan signifikansi dan hubungan X1 X2 dan X3 secara simultan dengan Y. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional dan merupakan penelitian expose facto. Sampel dari penelitian ini adalah siswa SMK jurusan TEI di Kabupaten Malang sejumlah 112 siswa. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Data yang diperoleh diuji dengan uji korelasi parsial dan uji hipotesis untuk mengungkapkan hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat baik secara parsial maupun secara simultan. Variabel X1 X3 dan Y diukur menggunakan instrumen penilaian berupa angket dan X2 menggunakan dokumentasi nilai. Variabel dan Y memiliki tingkat reliabiltas secara berurutan adalah 0 724 0 729 dan 0 728. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi parsial dan regresi ganda analisis uji prasyarat dan analisis sumbangan efektif-relatif menggunakan bantuan SPSS. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara X1 X2 dan X3 secara simultan dengan Y dan sumbangan relatif X1 terhadap Y sebesar 71 43 % X2 terhadap Y sebesar 24 96% dan X3 terhadap Y sebesar 3 61 %. Sumbangan efektif X1 terhadap Y sebesar 57 07 % X2 terhadap Y sebesar 19 94 % dan X3 terhadap Y sebesar 2 88 %. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu (1) X1 X2 X3 dan Y dalam kategori cenderung tinggi (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X1 dan Y X2 dan Y X3 dan Y X1 dan X2 secara simultan dengan Y X1 dan X3 secara simultan dengan Y X2 dan X3 secara simultan dengan Y dan X1 X2 dan X3 secara simultan dengan Y.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47930

Actions (login required)

View Item View Item