Studi keterlaksanaan kelas industri ditinjau dari kerjasama sekolah dengan industri bidang ketenagalistrikan pada siswa kelas PJB (Pembangkit Jawa Bali) di SMK PGRI 3 Malang / Tri Dianita Rully - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi keterlaksanaan kelas industri ditinjau dari kerjasama sekolah dengan industri bidang ketenagalistrikan pada siswa kelas PJB (Pembangkit Jawa Bali) di SMK PGRI 3 Malang / Tri Dianita Rully

Rully, Tri Dianita (2018) Studi keterlaksanaan kelas industri ditinjau dari kerjasama sekolah dengan industri bidang ketenagalistrikan pada siswa kelas PJB (Pembangkit Jawa Bali) di SMK PGRI 3 Malang / Tri Dianita Rully. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rully D.T. 2017. Studi Keterlaksanaan Kelas Industri Ditinjau Dari Kerjasama Sekolah Dengan Industri Bidang Ketenagalistrikan Pada Siswa Kelas PJB Di SMK PGRI 3 Malang. Skripsi. S1 Pendidikan Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. (II) Drs. Hari Putranto M.Pd. Kata Kunci Kelas Industri Kerjasama Sekolah dengan Industri Bidang Ketenagalistrikan Kelas PJB Sekolah Menengah Kerjuruan (SMK) sebagai lembaga Pendidikan tingkat menengah diharapkan dapat menyiapakan lulusan untuk memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan di industri. Dengan demikian Kurikulum Pendidikan SMK perlu disesuaikan dengan kebutuhan di industri guna menyiapkan lulusan sebagai calon tenaga kerja berkompeten setingkat SMK. Kelas industri sebagai program kerjasama antara pihak sekolah dan industri bertujuan untuk melaksanakan proses pembelajaran berbudaya industri. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan persiapan proses pelaksanaan evaluasi dan pengawasan serta kendala dan upaya mengatasinya dalam pelaksanaan kelas industri PJB di SMK PRI 3 Malang. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa observasi wawancara dan dokumentasi dengan triangulasi sebagai uji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran pada kelas industri PJB SMK PGRI 3 Malang menerapkan kurikulum implementatif yang merupakan hasil sinkronisasi kurikulum 2013 dengan kebutuhan di dunia kerja khususnya bidang ketenagalistrikan. Dengan diterapkannya kurikulum implementatif kelas industri PJB menghasilkan luaran berkompeten bidang ketenagalistrikan. Program kerjasama yang tertuang dalam Memorandum of Understanding yang telah disepakati dapat meningkatkan kualitas dan relevansi Pendidikan SMK dengan kebutuhan di dunia kerja. Sekolah dan industri saling bekerjasama mengoptimalkan pelaksanaan sistem pembelajaran kelas PJB yang dilaksanakan dalam kurun waktu 3 tahun. Semester I-II pada kelas X berupa pembelajaran dasar dan lanjutan serta penyiapan input siswa berkualitas yang masuk kelas PJB. Semester III-IV pada kelas XI siswa melaksanakan program prakerin di unit pembangkit milik PT PJB selama 1 tahun dengan sistem monitoring oleh pihak sekolah dan industri. Pada semester V-VI siswa kelas 3 kembali ke sekolah untuk persiapan ujian nasional dan uji Sertifikasi Kompetensi Pembangkitan (SKP). Untuk dapat terserap ke dunia kerja lulusan SMK penting untuk memiliki kompetensi yang berkualitas dan didukung dengan kondisi kesehatan yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47929

Actions (login required)

View Item View Item