Pengembangan modul praktikum matakuliah workshop otomatisasi industri untuk Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang: studi kasus kendali lift berbasis NI MYRIO / Goentur Novi Hardiansyah

Hardiansyah, Goentur Novi (2018) Pengembangan modul praktikum matakuliah workshop otomatisasi industri untuk Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang: studi kasus kendali lift berbasis NI MYRIO / Goentur Novi Hardiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hardinsyah Goentur Novi. 2017. Pengembangan Modul Praktikum Matakuliah Workshop Otomasi Industri Untuk Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi. S1 Pendidikan TeknikElektro. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Slamet Wibawanto M.T. (II) Dr. Muladi S.T. M.T. Kata Kunci Bahan Ajar Modul Praktikum NI MYRIO Tujuan dari penelitian ini adalah ( (1) merencanakan pengembangan modul praktikum NI MYRO sebagai bahan ajar di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang (2) merealisasikan pengembangan modul praktikum berbasis NI MYRIO sebagai bahan ajar di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang (3) menguji kelayakan modul praktikum berbasis NI MYRIO sebagai bahan ajar di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Dalam pengembangan ini digunakan model penelitian yang diambil dan merujuk dari beberapa model penelitian yang ada namun disesuaikan dengan kebutuhan penilitan. Prosedur pengembangan tersebut adalah 1) analisis kebutuhan dan desain 2) proses pengembangan 3) uji coba dan validasi. Pada pengembangan ini menggunakan persamaan rumus Slovin yang mengacu pada Riduwan (2006 35) untuk menentukan jumlah sampel uji coba pada produk yang dikembangkan dengan menggunakan populasi sampel dari mahasiswa prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro FT UM yang sudah atau sedang menempuh matakuliah Workshop Otomasi Industri sebanyak 122 orang dan menggunakan toleransi sebesar 5% maka didapatkan jumlah sampel 94 orang yang dibagi 10 orang untuk kelompok kecil dan 84 orang untuk kelompok besar. Berdasarkan validasi dan uji coba kelayakan modul praktikum berbasis NI MYRIO didapatkan presentase kelayakan oleh ahli 1 sebesar 97 5% ahli 2 sebesar 94 16% uji kelompok kecil sebesar 87.0% dan uji coba kelompok besar sebesar 85.13%. Berdasarkan hasil yang didapatkan dari validasi dan uji coba yang dilakukan oleh ahli dan mahasiswa dapat disimpulkan bahwa modul praktikum berbasis NI MYRIO sangat layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47928

Actions (login required)

View Item View Item