Perbedaan hasil tugas mapel gambar teknik karena pengaruh model pembelajaran berbasis proyek berbantuan software visio dibandingkan berbantuan software autocad pada siswa kelas XI Program Keahlian TIPTL di SMKN 1 Bangil Kabupaten Pasuruan / Dwi Anita - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil tugas mapel gambar teknik karena pengaruh model pembelajaran berbasis proyek berbantuan software visio dibandingkan berbantuan software autocad pada siswa kelas XI Program Keahlian TIPTL di SMKN 1 Bangil Kabupaten Pasuruan / Dwi Anita

Anita, Dwi (2018) Perbedaan hasil tugas mapel gambar teknik karena pengaruh model pembelajaran berbasis proyek berbantuan software visio dibandingkan berbantuan software autocad pada siswa kelas XI Program Keahlian TIPTL di SMKN 1 Bangil Kabupaten Pasuruan / Dwi Anita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anita D. 2018. Perbedaan Hasil Tugas Mapel Gambar Teknik Karena Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Software Visio Dibandingkan Software Autocad Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian TIPTL Di SMK Negeri 1 Bangil Kabupaten Pasuruan. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. (II) Drs. Hari Putranto M.Pd. Kata Kunci Hasil tugas gambar teknik model berbasis proyek software visio software autocad Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMKN 1 Bangil sudah menerapkan kurikulum 2013. Pada mata pelajaran gambar teknik khususnya di jurusan TIPTL sudah dijelaskan apabila salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasainya yaitu menggambar instalasi listrik dan rangkaian elektronika wajib menggunakan software namun penggunaan software Autocad belum dimanfaatkan. Sedangkan tuntutan dari industri sekarang harus ahli menggunakan berbagai perangkat lunak (software) dan pada silabus kurikulum 2013 juga menganjurkan untuk memanfaatkan perangkat lunak (software) sebagai media. Selain itu menurut pemaparan Pak Bastian Adi bahwa peserta didik hanya fokus pada software Microsoft Visio nya dan masih belum memanfaatkan software lainnya seperti software Autocad. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan hasil tugas karena pengaruh model berbasis proyek berbantuan software Microsoft Visio (2) mendeskripsikan hasil tugas karena pengaruh model berbasis proyek berbantuan software Autocad dan (3) mengetahui perbedaan hasil tugas dalam segi aspek sikap pengetahuan dan keterampilan karena pengaruh model berbasis proyek berbantuan software Microsoft Visio dibandingkan berbantuan software Autocad. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment design dalam bentuk non-equivalent control group design. Desain penelitian ini menggunakan dua kelas. Kelas A dan kelas B dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek. Perbedaan pada penelitian ini terdapat pada media yang digunakan. Pada kelas A menggunakan media software Microsoft Visio dan kelas B menggunakan media software Autocad. sebelum diberi perlakuan kemampuan awal siswa di uji kesamaan dua rata-rata menggunakan uji-t dan uji prasyarat analisis dengan bantuan software SPSS 21.0. setelah diberi perlakuan kedua kelas akan dibandingkan dan dicari tingkat signifikansinya. Analisis perbedaan dilakukan menggunakan uji-t dengan bantuan software SPSS 21.0 Independent Sample T-test. Hasil tugas aspek sikap kelas A memperoleh nilai rata-rata 89 08 sedangkan nilai rata-rata pada kelas B sebesar 85 3. Hasil tugas aspek pengetahuan pada kelas A memperoleh nilai rata-rata 76 76 sedangkan pada kelas B memperoleh nilai rata-rata 75 42. Hasil tugas aspek keterampilan pada kelas A memperoleh 78 38 sedangkan pada kelas B memperoleh nilai rata-rata 65 97. Hasil uji normalitas pada data hasil tugas siswa kelas A dan kelas B menunjukkan nilai Sig. 0 05. Sehingga data hasil tugas siswa dinyatakan terdistribusi normal. Hasil uji homogenitas pada data hasil tugas kelas A dan kelas B menunjukkan nilai Sig. 0 05. Sehingga data hasil tugas siswa dinyatakan homogen. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa (1) hasil tugas aspek sikap pada kelas A lebih tinggi daripada hasil tugas pada kelas B (2) hasil tugas aspek pengetahuan pada kelas A lebih tinggi daripada hasil tugas kelas B namun nilai dari kedua kelas tidak terpaut jauh (3) hasil tugas aspek keterampilan pada kelas A lebih tinggi daripada hasil tugas kelas B dan (4) terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil tugas dalam segi aspek sikap dan aspek keterampilan sedangkan dalam aspek pengetahuan antara kelas A dan kelas B tidak terdapat perbedaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47925

Actions (login required)

View Item View Item