Hubungan budaya ekstrakurikuler dan lingkungan belajar dengan keterampilan komunikasi siswa TITL SMK di Kabupaten Pasuruan / Firah Zarwandah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan budaya ekstrakurikuler dan lingkungan belajar dengan keterampilan komunikasi siswa TITL SMK di Kabupaten Pasuruan / Firah Zarwandah

Zarwandah, Firah (2018) Hubungan budaya ekstrakurikuler dan lingkungan belajar dengan keterampilan komunikasi siswa TITL SMK di Kabupaten Pasuruan / Firah Zarwandah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zarwandah Firah. 2017. Hubungan Budaya Ekstrakurikuler dan Lingkungan Belajar dengan Keterampilan Komunikasi Siswa TITL SMK di Kabupaten Pasuruan. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Hakkun Elmunsyah S.T. M.T. (II) Yuni Rahmawati S.T. M.T. Kata Kunci Hubungan Budaya Ekstrakurikuker Lingkungan Belajar Keterampilan Komunikasi siswa Sekolah banyak memberikan wadah dan program pembinaan yang dijalankan untuk mensukseskan tujuan pendidikan. Salah satu wadah pembinaan peserta didik adalah kegiatan ekstrakurikuler. Aktif pada kegiatan ekstrakurikuler merupakan suatu hal yang menjadi nilai tambah untuk siswa sekolah karena dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler siswa lebih sering melakukan kegiatan positif dan waktu untuk berinteraksi dengan orang lain semakin banyak secara tidak langsung lingkungan belajar siswa juga memengaruhi cara siswa dalam melakukan hubungan sosial dengan orang lain. Keterampilan komunikasi siswa akan meningkat apabila mendapatkan pengaruh dari budaya ekstrakurikuler dan lingkungan belajar siswa. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu (1) Mendeskripsikan tingkat Budaya Ekstrakurikuler (X1) (2) Mendeskripsikan tingkat Lingkungan Belajar (X2) (3) Mendeskripsikan tingkat Keterampilan Komunikasi (Y) (4) mengetahui hubungan hubungan X1 dan Y (5) mengetahui hubungan hubungan X1 dan Y dan (6) mengetahui hubungan hubungan X1 dan X2 dengan Y. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional. Populasi pada penelitian ini sejumlah 76 siswa SMK TITL di Kabupaten Pasuruan. Teknik Sampling yang digunakan yaitu sampel jenuh . Instrumen yang digunakan berupa angket atau kuisioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif uji normalitas uji linieritas uji heteroskedasitas uji multikolinearitas dan uji Autokorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) budaya ekstrakurikuler berpengaruh positif signifikan dengan keterampilan komunikasi 2) lingkungan belajar berpengaruh positif signifikan dengan keterampilan komunikasi (3)budaya ekstrakurikuler dan lingkungan belajar berpengaruh positif signifikan dengan keterampilan komunikasi. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti variabel lain yang dapat mengungkap faktor faktor yang memengaruhi keterampilan komunikasi dan fakta fakta yang belum terungkap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47923

Actions (login required)

View Item View Item