Pengembangan bahan ajar digital mata kuliah perencanaan instalasi listrik untuk mengurangi miskonsepsi standarisasi dan normalisasi bentuk simbol pada mahasiswa TE UM / Ade Citra Kurnia Melati Putri

Putri, Ade Citra Kurnia Melati (2018) Pengembangan bahan ajar digital mata kuliah perencanaan instalasi listrik untuk mengurangi miskonsepsi standarisasi dan normalisasi bentuk simbol pada mahasiswa TE UM / Ade Citra Kurnia Melati Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii ABSTRAK Putri, Ade Citra Kurnia Melati. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Digital Matakuliah Perencanaan Instalasi Listrik untuk Mengurangi Miskonsepsi Standarisasi dan Normalisasi Bentuk Simbol pada Mahasiswa TE UM. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Kata Kunci: Bahan Ajar, Perencanaan Instalasi Listrik, Mengurangi Miskonsepsi, Standarisasi dan Normalisasi Bentuk Simbol. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) membuat bahan ajar digital yang membahas tentang standarisasi dan normalisasi bentuk simbol matakuliah perencanaan instalasi listrik untuk mengurangi miskonsepsi mahasiswa D3 TRO dan S1 PTE, (2) menguji kelayakan bahan ajar untuk matakuliah perencanaan instalasi listrik tentang standarisasi dan normalisasi bentuk simbol, (3) mengetahui efektivitas penggunaan bahan ajar untuk mengurangi miskonsepsi tentang standarisasi dan normalisasi bentuk simbol. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan model penelitian Sugiyono dengan 10 tahap penelitian dan pengembangan. Uji kelayakan bahan ajar dilakukan oleh dua dosen ahli Teknik Elektro, mahasiswa D3 TRO angkatan 2015, mahasiswa D3 TRO angkatan 2016 dan mahasiswa S1 PTE angkatan 2015 untuk mengevaluasi kelayakan isi dan media menggunakan instrumen berupa angket. Sedangkan uji efektivitas bahan ajar menggunakan metode Certainty of Response Index (CRI) dengan bentuk soal pilihan ganda disertai indeks keyakinan jawaban melalui kegiatan pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan bahan ajar perencanaan instalasi listrik tentang standarisasi dan normalisasi bentuk simbol memperoleh presentase kelayakan sebesar 83% dari dua dosen ahli yang artinya bahan ajar layak digunakan, 88% dari mahasiswa D3 TRO angkatan 2015 yang artinya bahan ajar sangat layak digunakan, sedangkan persentase 90% diperoleh dari mahasiswa D3 TRO angkatan 2016 dan S1 PTE 2015 yang artinya bahan ajar sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Sedangkan dari hasil uji efektivitas bahan ajar diperoleh persentase kategori paham konsep meningkat sebanyak 70%, kategori miskonsepsi berkurang sebanyak 39%, dan kategori tidak paham konsep juga berkurang sebanyak 28%. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini terbukti bahwa bahan ajar perencanaan instalasi listrik sangat layak digunakan. Bahan ajar juga mampu mengurangi miskonsepsi dan meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa D3 TRO dan S1 PTE tentang materi standarisasi dan normalisasi bentuk simbol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47922

Actions (login required)

View Item View Item