Pengembangan buku ajar pembangkit listrik tenaga nuklir untuk mata kuliah pembangkit listrik Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Ahmad Rifan Fauzi

Fauzi, Ahmad Rifan (2018) Pengembangan buku ajar pembangkit listrik tenaga nuklir untuk mata kuliah pembangkit listrik Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Ahmad Rifan Fauzi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fauzi, Ahmad Rifan. 2017. Pengembangan Buku Ajar Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Untuk Mata Kuliah Pembangkit Tenaga Listrik Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi. S1 Pendidikan Teknik Elektro. Jurusan Teknik. Elektro Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Arif Nur Afandi, S.T., M. T., Ph.D., (II) I Made Wirawan, S.T., S.S.T., M.T. Kata Kunci: Buku ajar, Pembangkit Tenaga Listrik, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir, Model pengembangan. Keterbatasan mahasiswa dalam mencari referensi dan kurangnya sumber belajar yang dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, menyebabkan mahasiswa tidak bisa mendapatkan umpan balik yang maksimal pada proses pembelajaran berlangsung. Hal tersebut dikuatkan oleh beberapa alasan diantaranya belum adanya penguatan dalam proses pembelajaran berlangsung. Pembangkit tenaga listrik merupakan salah satu program matakuliah yang ada pada jurusan Teknik Elektro yang didalamnya mempelajari tentang jenis-jenis Pembangkit Listrik Yaitu: PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air), PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap), PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Disel), PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya), PLTGU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap Gas), PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir), PLTPB (Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi), dan PLTB (Pembangkit Listrik Tenaga Bayu). Pada penelitian ini terbatas pada Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN). Dan yang selanjutnya yaitu mahasiswa tidak memiliki pedoman referensi buku ajar dalam proses pembelajaran. Tujuan dari pembuatan penelitian ini yaitu untuk mempermudah mahasiswa dalam memperoleh materi dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang, mengembangkan, dan menguji kelayakan buku ajar PLTN untuk matakuliah Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) untuk matakuliah Pembangkit Tenaga Listrik jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. adapun metode yang digunakan dalam pengembangan ini yaitu, model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu: (1) Analysis (analisis), (2) Design (desain), (3) Development (pengembangan), (4) Implementation (implementase) ,dan (5) Evaluatio (evaluasi). Hasil dari pengembangan buku ajar yang terdiri dari, teks, gambar, peta konsep, rangkuman, tes formatif, daftar pustaka, dan glosarium telah divalidasi Oleh Dosen Teknik Elektro Universitas Negeri Malang yang menguasai dibidang kepembangkitan dan diujicobakan kepada mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro angkatan 2015 offering A dan B. Uji coba validasi buku ajar menggunakan penyebaran angket. Hasil penyebaran angket yang telah dilakukan pada buku ajar dinyatakan valid, sehingga layak digunakan sebagai sumber rujukan pembelajaran Pembangkit Listrik. Hal ini didukung melalui hasil persentase validasi oleh kedua validator sebesar 81,88% merupakan hasil validari media dan 81,25%, hasil validasi uji coba kelompok kecil sebesar 82,67%, dan hasil validasi uji coba kelompok besar yaitu 79,64%. Dari persentase tersebut dapat dikatakan bahwa produk buku ajar bisa digunakan atau layak jika digunakan sebagai reverensi belajar atau sebagai bahan ajar Pembangkit Tenaga Listrik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47921

Actions (login required)

View Item View Item