Hubungan kecakapan keteknikan dan literasi berwirausaha dengan persepsi terhadap peluang berwirausaha pada siswa kelas XII Program Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK di Kota Malang / Faizal Nurkhalim

Nurkhalim, Faizal (2018) Hubungan kecakapan keteknikan dan literasi berwirausaha dengan persepsi terhadap peluang berwirausaha pada siswa kelas XII Program Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK di Kota Malang / Faizal Nurkhalim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Nurkhalim, Faizal. 2018. Hubungan Kecakapan Keteknikan dan Literasi Berwirausaha dengan Persepsi terhadap Peluang Berwirausaha pada Siswa Kelas XII Program Teknik Instalasi Tenaga LIstrik di SMK di Kota Malang. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Setiadi C. P., M. Pd., M. T. (II) Dr. Hakkun Elmunsyah, S. T., M. T. Kata Kunci : Kecakapan Keteknikan, Literasi Berwirausaha, Persepsi terhadap Peluang Berwirausaha. SMK merupakan lembaga penghasil lulusan atau tenaga - tenaga yang terampil guna membentuk dan menyiapkan siswa menuju sumber SDM yang berkualitas. Persepsi yang positif terhadap peluang berwirausaha penting dimiliki siswa kelas XII sebagai calon wirausahawan. Beberapa cara yang dapat mempengaruhi persepsi terhadap peluang berwirausaha adalah kecakapan keteknikan dan literasi berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan (1) kecakapan keteknikan (X1), literasi berwirausaha (X2), dan persepsi terhadap peluang berwirausaha (Y), (2) mengungkap signifikansi dan hubungan X1 dan Y, (3) mengungkap signifikansi dan hubungan X2 dan Y, dan (4) mengungkap signifikansi dan hubungan X1 dan X2 secara simultan dengan Y. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK sejumlah 79 siswa. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji korelasi parsial dan uji hipotesis untuk mengungkapkan hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat baik secara parsial maupun secara simultan. Untuk mengukur variabel X1 menggunakan dokumentasi nilai praktikum, sedangkan X2 dan Y menggunakan instrument penilaian berupa angket. Variabel X2 dan Y memiliki tingkat reliabilitas secara berurutan adalah 0,885 dan 0,902. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi parsial dan regresi ganda, analisis uji prasyarat, dan analisis sumbangan efektif-relatif menggunakan bantuan SPSS. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu (1) X1 dalam kategori sedang, (2) X2 dan Y dalam kategori cenderung tinggi, (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X1 dan Y, X2 dan Y, X1 dan X2 secara simultan dengan Y. Kesimpulan yang diperoleh berdasarkan hasil penelitian, yaitu (1) kecakapan keteknikan dalam kategori sedang, literasi berwirausaha dan persepsi terhadap peluang berwirausaha cenderung tinggi, (2) ada hubungan positif dan signifikan antara X1 dan Y, (3) ada hubungan positif dan signifikan anatara X2 dan Y, dan (4) ada hubungan positif dan signifikan X1 dan X2 secara simultan dengan Y.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47918

Actions (login required)

View Item View Item