Pengembangan bahan ajar cetak mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika bermuatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa SMKN 1 Kepanjen kelas X Program Keahlian Teknik Elektronika Industri / Freddy Lumban Batu

Batu, Freddy Lumban (2018) Pengembangan bahan ajar cetak mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika bermuatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa SMKN 1 Kepanjen kelas X Program Keahlian Teknik Elektronika Industri / Freddy Lumban Batu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lumban Batu, Freddy. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Cetak Mata Pelajran Dasar Listrik dan Elektronika Bermuatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Siswa SMKN 1 Kepanjen Kelas X Program Keahlian Teknik Elektronika Industri. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Eng. Anik Nur Handayani, S.T., M.T, (II) Drs. Suwasono, M.T Kata Kunci: Bahan Ajar, Dasar Listrik dan Elektronika, Contextual Teaching and Learning (CTL), Teknik Elektronika Industri Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru atau instruktur dalam melaksanakan proses pembelajaran. Untuk menunjang kegiatan proses belajar dan mengajar, diperlukan sarana dan prasarana yang baik disekolah sehingga kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. Pada prosesnya, kegiatan pembelajaran yang ada di SMKN 1 Kepanjen masih berpusat pada guru dan membuat kegiatan pembelajaran kurang efektif serta kurang sesuai dengan kurikulum 2013. Namun, dalam mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika pada siswa Kelas X masih ada kendala pada proses pembelajaran yaitu kurangnya bahan ajar pada mata pelajaran pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika, sedangkan potensi di sekolah alat dan bahan untuk praktikum tersedia. Bahan ajar yang dikembangkan harus memiliki model pembelajaran yang menuntut siswa belajar, bukan untuk menerima saja tetapi berdasarkan pada proses. Solusi yang dilakukan yaitu, dengan mengembangkan bahan ajar itu menjadi lebih baik yang sesuai kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik bermuatan Contextual Teaching and Learning pada siswa Kelas X di SMKN 1 Kepanjen. Pengembangan produk yang dilakukan adalah pengembangan berupa buku ajar dan jobsheet menggunakan model pengembangan Sadiman. Model pengembangan tersebut terdiri dari delapan prosedur, yaitu (1) identifikasi kebutuhan (2) perumusan tujuan; (3) pengembangan materi; (4) perumusan alat pengukur keberhasilan; (5) penulisan naskah media; (6) tes/ uji coba; (7) revisi; (8) naskah siap produksi. Produk yang dihasilkan berupa buku ajar Dasar Listrik dan Elektronika dan jobsheet Dasar Listrik dan Elektronika untuk siswa serta buku panduan pelaksanaan pembelajaran dan jobsheet Dasar Listrik dan Elektronika untuk guru, yang telah divalidasi oleh ahli materi, ahli media dan diuji coba kepada siswa serta yang dihasilkan sudah sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47917

Actions (login required)

View Item View Item