Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Dasar Elektronika Siswa Kelas X Jurusan Teknik Ototronik SMKN 6 Malang / Imam Syafii - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Dasar Elektronika Siswa Kelas X Jurusan Teknik Ototronik SMKN 6 Malang / Imam Syafii

Syafii, Imam (2018) Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Dasar Elektronika Siswa Kelas X Jurusan Teknik Ototronik SMKN 6 Malang / Imam Syafii. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Syafii. Imam. 2018. Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Dasar Elektronika Siswa Kelas X Jurusan Teknik Ototronik SMKN 6 Malang. Skripsi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. Dwi Prihanto S.ST. M.Pd. (2) Ahmad Fahmi S.T. M.T. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif STAD aktivitas belajar hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas X Ototronik 2 SMKN 6 malang diketahui bahwa kegiatan pembelajaran kurang terlaksana dengan baik. Pada saat kegiatan pembelajaran TDE siswa terlihat mengantuk dan bosan. Dari 32 siswa dikelas X Ototronik 2 hanya sekitar tujuh sampai sembilan siswa yang aktif mengikuti proses pembelajaran. Hasil belajar siswa rendah yaitu hanya 36% siswa yang mendapat nilai diatas KKM dengan rata-rata nilai 65. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu dilakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran yang dapat aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu tindakan perbaikan adalah dengan penerapan model kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X teknik ototronik SMKN 6 Malang. Penelitian ini mengacu pada model penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus tindakan. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu siswa kelas X Ototronik 2 semester ganjil tahun ajaran 2018-2019 SMKN 6 Malang yang berjumlah 32 siswa. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa aktivitas dan hasil belajar siswa serta data pendukung berupa aktivitas guru. Hasil penelitian belajar untuk ranah pengetahuan menunjukkan penerapan model kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) memiliki rata-rata 68 dengan persentase ketuntasan siswa 48.48% pada siklus I selanjutnya rata-rata 72 dengan persentase ketuntasan siswa 78.78% pada siklus II dan rata-rata 75 dengan persentase ketuntasan 100%. Untuk persentase hasil belajar ranah sikap menunjukkan predikat yang diperoleh siswa sebanyak dengan predikat C (cukup) rata-rata 72.6 pada siklus I B (baik) rata-rata 88.4 pada siklus II dan SB (sangat baik) rata-rata 93.4. Sedangkan rata-rata hasil belajar ranah keterampilan meningkat disetiap siklusnya sebesar 70.6 pada siklus I 79.2 pada siklus II dan 88.3 pada siklus III. Aktivitas yang dinilai adalah kegiatan visual lisan mendengarkan menulis menggambar metrik mental dan emosional. Aktivitas siswa meningkat dari rata-rata semua indikator dari 67.64% siklus I 79.61% pada siklus II dan 91.43 pada siklus III.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47916

Actions (login required)

View Item View Item