Perbedaan keaktifan dan hasil belajar Dasar Listrik dan Elektonika karena pengaruh penerapan model pembelajaran aktif snowball throwing dibandingkan model pembelajaran aktif student facilitatot and expalining pada peserta didik kels X TIPTL SMK Newgeri 6 Kota Malang / A - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan keaktifan dan hasil belajar Dasar Listrik dan Elektonika karena pengaruh penerapan model pembelajaran aktif snowball throwing dibandingkan model pembelajaran aktif student facilitatot and expalining pada peserta didik kels X TIPTL SMK Newgeri 6 Kota Malang / A

Rahim, Ahmad Mahmudah (2018) Perbedaan keaktifan dan hasil belajar Dasar Listrik dan Elektonika karena pengaruh penerapan model pembelajaran aktif snowball throwing dibandingkan model pembelajaran aktif student facilitatot and expalining pada peserta didik kels X TIPTL SMK Newgeri 6 Kota Malang / A. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahim Ahmad Mahmudah. 2018. Perbedaan Keaktifan dan Hasil Belajar Dasar Listrik Elektronika Karena Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Aktif Snowball Throwing Dibandingkan Model Pembelajaran Aktif Student Facilitator and Explaining Pada Peserta Didik Kelas X TIPTL SMK Negeri 6 Kota Malang. Pembimbing (I) Dr. Setiadi Cahyono P. M.Pd. M.T. (II) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. Kata Kunci Keaktifan Belajar Hasil Belajar Snowball Throwing Student Facilitator and Explaining Model pembelajaran yang sesuai dengan penerapan kurikulum 2013 yakni model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan menuntut keaktifan peserta didik. Model pembelajaran yang baik juga merupakan model pembelajaran yang dapat memberi kontribusi dalam mempermudah peserta didik untuk memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru. Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) Mengetahui signifikansi perbedaan keaktifan belajar mata pelajaran Dasar Listrik Elektronika pada kelas X TIPTL yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran aktif Snowball Throwing dan kelas X TIPTL yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran aktif Student Facilitator and Explaining di SMK Negeri 6 Kota Malang (2) Mengetahui signifikansi perbedaan hasil belajar ranah pengetahuan mata pelajaran Dasar Listrik Elektronika pada kelas X TIPTL yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran aktif Snowball Throwing dan kelas X TIPTL yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran aktif Student Facilitator and Explaining di SMK Negeri 6 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen quasi experimental designdan menggunakan tipe posttest only design non-equivalent control group design. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen penelitian dan instrumen pengukuran. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik kuantitatif untuk menganalisis data kemampuan awal peserta didik nilai hasil observasi keaktifan belajar peserta didik dan hasil belajar peserta didik yang terdiri dari uji normalitas uji homogenitas uji kesamaan dua rata-rata dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis datayangdilakukan makadapat disimpulkan sebagai berikut (1) Terdapat perbedaan yang signifikan dalam tingkat keaktifan belajar mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dibandingkanStudent Facilitator and Explaining pada peserta didik kelas X Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik di SMK Negeri 6 Kota Malang dan (2) Terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar ranah pengetahuan mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dibandingkanStudent Facilitator and Explaining pada peserta didik kelas X Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik di SMK Negeri 6 Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47914

Actions (login required)

View Item View Item