Hubungan antara prestasi belajar Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB) dan tingkat kebermaknaan praktikumk dengan kecakapan sebagai guru teknik pada mahasiswa Program Studi S1 PTE Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Miftahul Huda

Huda, Miftahul (2018) Hubungan antara prestasi belajar Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB) dan tingkat kebermaknaan praktikumk dengan kecakapan sebagai guru teknik pada mahasiswa Program Studi S1 PTE Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Miftahul Huda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Huda Miftahul. 2018. Hubungan antara Prestasi Belajar MKB dan Tingkat Kebermaknaan Praktikum dengan Kecakapan sebagai Guru Teknik pada Mahasiswa Program Studi S1 PTE Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Setiadi C.P. M.Pd. M.T. (II) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. Kata Kunci prestasi belajar kebermaknaan praktikum kecakapan. Program studi Pendidikan Teknik Elektro harus mempunyai lulusan keguruan teknik yang berkualitas demi menunjang perkembangan pendidikan di Indonesia. Kecakapan sebagai guru teknik penting dimiliki oleh lulusan Pendidikan Teknik Elektro. Beberapa faktor yang mempengaruhi kecakapan sebagai guru teknik antara lain yaitu (1) prestasi belajar MKB berhubungan dengan hasil dari proses pembelajaran bidang ilmu teknik dan (2) tingkat kebermaknaan praktikum berhubungan dengan praktikum yang dilakukan dalam pembelajaran sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi prestasi belajar MKB (X1) tingkat kebermaknaan praktikum (X2) dan kecakapan sebagai guru teknik (Y). Penelitian ini juga untuk mengetahui hubungan antara prestasi belajar MKB dengan kecakapan sebagai guru teknik (X1 dengan Y) dan tingkat kebermaknaan praktikum dengan kecakapan sebagai guru teknik (X2 dengan Y). Selain itu penelitian ini juga untuk mengetahui secara simultan hubungan antara prestasi belajar MKB dan tingkat kebermaknaan praktikum dengan kecakapan sebagai guru teknik (X1 dan X2 dengan Y). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian adalah deskriptif korelasional yang bersifat ex post facto. Sampel yang digunakan yaitu seluruh populasi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang angkatan 2014 dengan jumlah 113 mahasiswa. Intrumen penelitian untuk mengukur variabel (X1) menggunakan daftar nilai akhir. Sedangkan instrumen penelitian untuk mengukur variabel (X2) dan (Y) menggunakan instrumen penilaian berupa angket. Nilai reliabilitas instrumen pengukuran variabel X2 sebesar 0 728 dan variabel Y sebesar 0 935. Data yang diperoleh diuji dengan analaisis deskriptif korelasional dan analisis regresi linear ganda. Hasil penelitian (1) Y dikategorikan sangat tinggi sebesar 55% (2) X1 dikategorikan cukup/sedang sebesar 45% (3) X2 dikategorikan tinggi sebesar 62% (4) ada hubungan positif dan signifikan antara X1 dengan Y (5) ada hubungan positif dan signifikan antara X2 dengan Y (6) ada hubungan positif dan signifikan antara X1 dan X2 secara simultan dengan Y. Kesimpulan penelitian ini yaitu (1) ada hubungan positif dan signifikan antara prestasi belajar MKB dengan kecakapan sebagai guru teknik (2) ada hubungan positif dan signifikan antara tingkat kebermaknaan praktikum dengan kecakapan sebagai guru teknik (3) ada hubungan positif dan signifikan antara prestasi belajar MKB dan tingkat kebermaknaan praktikum secara simultan dengan kecakapan sebagai guru teknik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47912

Actions (login required)

View Item View Item