Hubungan self-regulated learning, kemampuan komunikasi, dan vocational skills dengan kemampuan adaptasi terhadap dunia kerja pada siswa SMK Program Keahlian Ketenagalistrikan di Kota Malang / Sisco Agustian

Agustian, Sisco (2018) Hubungan self-regulated learning, kemampuan komunikasi, dan vocational skills dengan kemampuan adaptasi terhadap dunia kerja pada siswa SMK Program Keahlian Ketenagalistrikan di Kota Malang / Sisco Agustian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Agustian, Sisco. 2017. Hubungan Self-Regulated Learning, Kemampuan Komunikasi, dan Vocational Skill dengan Kemampuan Adaptasi terhadap Dunia Kerja pada Siswa SMK Progam Keahlian Ketenagalistrikan di Kota Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro. Progam Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Setiadi C.P., M.Pd, M.T (II) Drs. Hari Putranto, M.Pd. Kata Kunci : Self-Regulated Learning, kemampuan komunikasi, vocational skill kemampuan adaptasi, dunia kerja. Untuk meningkatkan keterserapan lulusan SMK diperlukan lulusan yang memiliki potensi dan daya saing tinggi, hal tersebut diperoleh dari siswa yang mempunyai kemampuan adaptasi terhadap dunia kerja. Aspek yang menunjang diantaranya adalah self-regulated learning, kemampuan komunikasi, dan vocational skills. Tujuan penelitian adalah: (1) mendiskripsikan (a) kemampuan adaptasi terhadap dunia kerja; (b) self-regulated learning (SRL); (c) kemampuan komunikasi; (d) vocational skills; mengungkap signifikansi hubungan antara : (2) X1 dengan Y; (3) X2 dengan Y; (4) X3 dengan Y; (5) X1 dan X2 dengan Y; (6) X1 dan X3 dengan Y; (7) X2 dan X3 dengan Y; serta (8) X1, X2, dan X3 dengan Y. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Sampel penelitian sejumlah 96 responden. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner yang telah divalidasi dan mempunyai nilai reliabilitas diatas 0,75. Uji prasyarat analisis dilakukan dengan menguji normalitas, linearitas, multikolinearitas, autokorelasi, dan heterokedastisitas. Setelah data dinyatakan memenuhi uji prasyarat analisis, maka dilakukan uji hipotesis dengan regresi linier berganda berbantuan SPSS. Pengambilan keputusan dilakukan dengan taraf signifikansi 0,05. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui kemampuan adaptasi terhadap dunia kerja siswa SMK Progam keahlian Ketenagalistrikan di Kota Malang dikategorikan tinggi dengan persentase 75%. SRL yang dimiliki siswa tinggi dengan persentase 73,96%, siswa mempunyai kemampuan komunikasi yang tinggi dengan persentase 72,92%, sedangkan vocational skills yang dimiliki siswa termasuk tinggi dengan persentase 72,92%. Sesuai dengan tujuan penelitian, secara parsial hubungan variabel bebas dan terikat mempunyai nilai sig 0,000. Hubungan secara simultan antara variabel bebas dan variabel terikat mempunyai nilai sig 0,000. Kesimpulan penelitan adalah ada hubungan positif dan signifikan antara : (1) SRL dengan kemampuan adaptasi terhadap dunia kerja; (2) kemampuan komunikasi dengan kemampuan adaptasi terhadap dunia kerja; (3) vocational skills dengan kemampuan adaptasi terhadap dunia kerja; (4) SRL dan kemampuan komunikasi dengan kemampuan adaptasi terhadap dunia kerja; (5) SRL dan vocational skills dengan kemampuan adaptasi terhadap dunia kerja; (6) SRL dan kemampuan komunikasi dengan kemampuan adaptasi terhadap dunia kerja; (7) kemampuan komunikasi dan vocational skills dengan kemampuan adaptasi terhadap dunia kerja; (8) SRL, kemampuan komunikasi, dan vocational skills dengan kemampuan adaptasi terhadap dunia kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47911

Actions (login required)

View Item View Item