Pengembangan trainer Air Conditioner (AC) beserta jobsheet sebagai sarana praktikum matakuliah Perawatan dan Perbaikan Peralatan Listrik untuk Program Studi D3 Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Achmad Firdaus Handi Kurniawansyah

Kurniawansyah, Achmad Firdaus Handi (2018) Pengembangan trainer Air Conditioner (AC) beserta jobsheet sebagai sarana praktikum matakuliah Perawatan dan Perbaikan Peralatan Listrik untuk Program Studi D3 Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Achmad Firdaus Handi Kurniawansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Kurniawansyah, Achmad Firdaus Handi. 2018. ÔÇ£Pengembagan Trainer AC (Air Conditioner) Pendingin Ruangan Beserta Jobsheet Sebagai Sarana Praktikum Perawatan dan Perbaikan Peralatan Listrik Untuk Program Studi D3 Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri MalangÔÇØ. Pembimbing: (1) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T., M.Pd. (2) Drs. Hari Putranto, M.Pd. Kata Kunci: Trainer, AC Pendingin Ruangan, Perawatan dan Perbaikan Peralatan Listrik. Trainer merupakan suatu alat peraga dalam membantu proses kegiatan belajar mengajar agar pengajar dapat menunjukkan langkah untuk memudahkan pembelajar dalam menggunakan atau mengaplikasikan suatu rangkaian yang didesain pada trainer tersebut. Dari hasil observasi yang telah dilakukan, berupa wawancara dengan dosen Pembina matakuliah Perawatan dan Perbaikan Peralatan Listrik, sampai saat ini tidak ada trainer berupa Air Conditioner (AC). Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan efisien, serta memicu mahasiswa dalam mengembangkan dan meningkatkan kompetensi belajar mahasiswa. Maka, penting untuk pengadaan dan pengembangan trainer Air Conditioner (AC) pada matakuliah Perawatan dan Perbaikan Peralatan Listrik. Model pengembangan bahan ajar ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahapan yaitu: (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, (5) Evaluasi. Proses validasi dilaksanakan oleh ahli materi, ahli media, dan melakukan implementasi pada uji kelompok kecil dan uji kelompok besar. Validasi bertujuan untuk mengukur kelayakan produk yang dikembangkan. Bahan ajar yang dihasilkan berupa jobsheet praktikum perawatan dan perbaikan peralatan listrik. Berdasarkan hasil uji coba diperoleh persentase dari tiap-tiap subyek uji coba sebagai berikut: (1) pada ahli materi, diperoleh persentase sebesar 90,00% (2) pada ahli media, diperoleh persentase sebesar 88,75% (3) pada kelompok kecil, diperoleh persentase sebesar 85,54% (4) dan pada kelompok besar, diperoleh persentase sebesar 89,71%. Dari hasil validasi dan uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa media trainer AC untuk menunjang matakuliah praktikum Perawatan dan Perbaikan Peralatan Listrik Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang sudah memenuhi kriteria valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47910

Actions (login required)

View Item View Item