Profil tutor program pendidikan kesetaraan paket A, B, C se-kota Malang / Lala Pipit Al Quddus - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil tutor program pendidikan kesetaraan paket A, B, C se-kota Malang / Lala Pipit Al Quddus

Al Quddus, Lala Pipit (2010) Profil tutor program pendidikan kesetaraan paket A, B, C se-kota Malang / Lala Pipit Al Quddus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Al Quddus Lala Pipit. 2008. Profil Tutor Program Pendidikan Kesetaraan Paket A B dan C se-Kota Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Imam Hambali M.Pd (II) Dr. Supriyono M.Pd. Kata kunci Tutor Program Pendidikan Kesetaraan Tutor merupakan salah satu faktor yang paling menentukan berhasilnya proses belajar mengajar dalam pendidikan kesetaraan. Karena seorang tutor menjadi cerminan bagi warga belajar program pendidikan kesetaraan paket A setara SD (Sekolah Dasar) paket B setara (SMP) dan paket C setara SMA (Sekolah Menengah Atas). Mengingat begitu penting peranan tutor dalam meningkatkan sumber daya manusia maka perlu adanya suatu kajian tentang tutor program pendidikan kesetaraan. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan dideskripsikan mengenai profil tutor program pendidikan kesetaraan paket A B C se kota Malang berkaitan dengan kualifikasi pendidikan formal kualifikasi pendidikan nonformal pengalaman tutorial dan pengalaman lain dibidang nonformal selain tutor. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan angket sebagai teknik untuk menjaring data. Subyek penelitian adalah tutor program pendidikan kesetaraan paket A B C se kota Malang. Analisis data menggunakan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar S1 (72 77%) tutor program pendidikan kesetaraan paket A B C se kota Malang mempunyai tingkat pendidikan formal yang memenuhi syarat dan hanya sebagian kecil yang berpendidikan SMA (12 87%). Sebagian besar tutor kesetaraan telah mengikuti pendidikan nonformal dengan rincian mengikuti pelatihan (86 63%) seminar (89 11%) dan hanya sebagian kecil yang pernah mengikuti lokakarya (0 99%). Lama menjadi tutor sebagian besar 3 tahun (50 99%) beban mengajar tutor dengan satu mata pelajaran sebesar 51 49% sebagian besar perbandingan tutor dengan warga belajar dalam satu kelompok belajar adalah 1 10 (55 45%). Selain mengajar di program pendidikan kesetaraan tutor memiliki pengalaman lain di selain tutor yaitu sekitar 46 04% swasta dan sebagian kecil 26 73% pegawai negeri sipil. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi tutor program pendidikan kesetaraan paket A B C untuk lebih sering mengikuti seminar pelatihan/diklat serta lokakarya untuk meningkatkan pengalaman pendidikan non formalnya. Bagi Penyelenggara Program Pendidikan Kesetaraan Paket A B dan C se Kota Malang hendaknya dalam merekrut calon tutor harus mempertimbangkan kualifikasi pendidikan formal calon tutor kualifikasi pendidikan non formal calon tutor pengalaman menjadi tutor dan pengalaman lain di pendidikan non formal selain tutor dab mendorong serta memberikan fasilitasi bagi tutor yang belum memenuhi syareat kualifikasi pendidikan untuk meningkatkan kualifikasinya. Bagi pemerintah khususnya Dinas Pendidikan Kota Malang juga harus memberikan fasilitasi bagi tutor kesetaraan untuk meningkatkan kualifikasi dan kompetensinya dengan memberikan bantuan beasiswa dan menyelenggarakan diklat dan forum-forum ilmiah bagi pendidik kesertaraan. Bagi peneliti selanjutnya yang ingin mengembangkan penelitian sejenis hendaknya dikembangkan dengan ruang lingkup yang lebih luas bagi Pendidikan Luar Sekolah hasil dari penelitian ini dapat dijadikan kontibusi dalam bidang pengembangan program pendidikan kesetaraan paket A B dan C.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4791

Actions (login required)

View Item View Item