Pengembangan bahan ajar perekayasaan sistem kontrol berbasis proyek untuk siswa kelas XII semester 1 Program Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK / Rachmat Hermawan

Hermawan, Rachmat (2018) Pengembangan bahan ajar perekayasaan sistem kontrol berbasis proyek untuk siswa kelas XII semester 1 Program Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK / Rachmat Hermawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iii ABSTRAK Hermawan, Rachmat. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Perekayasaan Sistem Kontrol Berbasis Proyek untuk Siswa Kelas XII Semester 1 Program Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Slamet Wibawanto, M.T, (II) Dr. Eng. M. Sholihul Hadi, S.T., M.Eng. Kata kunci: Buku Ajar, Pengembangan, Perekayasaan Sistem Kontrol, Project Based Learning (PBL), Kurikulum 2013. Berdasarkan hasil review pada beberapa buku cetak maupun dari Buku Sekolah Elektronik (BSE) untuk pelajaran Perekayasaan Sistem Kontrol, diketahui belum tersedia bahan ajar untuk mata pelajaran Perekayasaan Sistem Kontrol yang sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013 di SMKN 1 Blitar dan memenuhi standar penilaian BSNP. Pada buku pertama, yaitu buku berjudul ÔÇØTeknik Otomasi IndustriÔÇØ, dilihat berdasarkan kelayakan isi, kurang sesuai dengan KI dan KD yang ada pada silabus, bahasa yang digunakan masih cukup sulit dipahami, dan belum sesuai dengan kebutuhan bahan ajar karena tidak terdapat soal evaluasi maupun tugas-tugas untuk mengukur hasil belajar siswa. Buku kedua berjudul ÔÇØPerekayasaan Sistem KontrolÔÇØ dan sudah menggunakan Kurikulum 2013. Dilihat berdasarkan kelayakan isi, bahasa yang digunakan mudah dipahami, dan sudah terdapat soal-soal maupun tugas untuk evaluasi belajar siswa, tetapi belum sesuai dengan sumber belajar dan kebutuhan di SMKN 1 Blitar. Perekayasaan Sistem Kontrol merupakan kelompok mata pelajaran C3, artinya mata pelajaran ini menuntut siswa banyak melakukan kegiatan praktikum untuk menguasai kompetensi pada mata pelajaran tersebut. Selain itu, agar sesuai Kurikulum 2013, harus digunakan model pembelajaran yang menggunakan pendekatan saintifik. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan saintifik yaitu pembelajaran berbasis proyek (project based learning). Buku ajar dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan Dick and Carrey yang memiliki langkah-langkah pengembangan sebagai berikut: (1) identify instructional goal(s), (2) conduct instructional analysis, (3) identify entry behaviors, characteristic, (4) write performance objectives, (5) develop criterion referenced test items, (6) develop instructional strategy, (7) develop and select instructional materials, (8) design and conduct formative evaluation, (9) revise product, (10) design and conduct summative evaluation. Buku ajar ini telah divalidasi oleh dua orang ahli serta telah diuji cobakan kepada siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Blitar melalui uji kelayakan dan tes sumatif. Kelayakan bahan ajar diketahui berdasarkan hasil angket. Hasil angket dari reviewer ahli 1 mendapatkan skor 94,07 % (sangat valid), dari reviewer ahli 2 mendapatkan skor 94,49 % (sangat valid), uji coba perorangan mendapatkan skor 85,92 % (sangat valid), hasil angket siswa pada uji coba kelompok kecil mendapatkan skor 90,62 % (sangat valid), dan hasil angket siswa pada uji coba lapangan mendapatkan skor 88,85 % (sangat valid). Berdasarkan skor tersebut, bahan ajar dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah. Keefektifan bahan ajar dapat diketahui berdasarkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa diambil dari dua kali pertemuan, dimana pada pertemuan pertama nilai rata-rata yang didapat adalah 84,32 dan pada pertemuan kedua nilai rata-rata yang didapat adalah 82,2. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai yang didapat siswa lebih tinggi dari Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) di SMK Negeri 1 Blitar yaitu 75. Berdasarkan hasil tersebut, buku ajar dinyatakan efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47909

Actions (login required)

View Item View Item