Pengembangan media pembelajaran berbasis flash untuk mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik kelas X Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik semester 1 di SMK Malang / Moch Sandy Albaktyar

Albaktyar, Moch Sandy (2018) Pengembangan media pembelajaran berbasis flash untuk mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik kelas X Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik semester 1 di SMK Malang / Moch Sandy Albaktyar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Albaktyar, Sandy. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flash Mata Pelajaran Dasar Pengukuran Listrik Kelas X Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik Semester 1 di SMK Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hakkun Elmunsyah, S.T., M.T. (II) Dr.Eng. Mokh Sholihul Hadi, S.T., M.Eng. Kata Kunci: Media pembelajaran, Adobe Flash, Dasar Pengukuran Listrik, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknologi khususnya komputer saat ini banyak dimanfaatkan praktisi pendidikan sebagai media pembelajaran. Hal ini bertujuan untuk menarik minat siswa dalam mempelajari materi. Oleh karena itu, para pendidik dituntut untuk membuat bahan ajar yang interaktif, atraktif dan menarik supaya peserta didik tidak jenuh dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dapat dibuat menggunakan software atau perangkat lunak atau aplikasi bernama Adobe Flash. Adobe Flash merupakan aplikasi yang sudah lama digunakan untuk membuat animasi menarik pada halaman website, profil perusahaan, game, CD interaktif, sampai dengan aplikasi untuk smartphone Pengembangan media pembelajaran berbasis flash ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Developed, Implement, Evaluate). Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X Listrik 2 SMK Negeri 6 Malang. Jenis data atau hasil yang diperoleh dari uji coba produk media pembelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik untuk siswa kelas X Listrik SMK Negeri 6 Malang ini berupa data kualitatif dan kuantitif. Data kualitatif diperoleh dari saran, kritik dan pendapat secara umum dari validator. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari data berupa persentase dan skor rata-rata yang dihasilkan dari kriteria di angket ahli media, ahli materi, dan siswa. Berdasarkan analisis keseluruhan hasil pengambilan data dapat disimpulkan bahwa hasil dari media pembelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik memperoleh hasil sangat layak dengan hasil ahli media 96,88% (yang memiliki kriteria A atau bisa dinyatakan sangat layak untuk digunakan), ahli materi 100% (sangat layak digunakan), kelompok kecil 90,83% (sangat layak digunakan), kelompok besar 89,21% (sangat layak digunakan),. Media pembelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik dapat digunakan untuk proses pembelajaran, karena hasil yang diperoleh diatas 85% .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47908

Actions (login required)

View Item View Item