Pengembangan trainer kendali keseimbangan quadcopter menggunakan kontrol pid untuk matakuliah Lab-PTE 05 di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Komang Trisna Adhi

Adhi, Komang Trisna (2018) Pengembangan trainer kendali keseimbangan quadcopter menggunakan kontrol pid untuk matakuliah Lab-PTE 05 di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Komang Trisna Adhi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adhi, Komang Trisna. 2018. Pengembangan Trainer Kendali Keseimbangan Quadcopter Menggunakan Kontrol PID untuk Matakuliah Lab-PTE 05 di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi, Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Made Wirawan, S.T., S.S.T.,M.T. (2) Dyah Lestari, S.T., M.Eng. Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Trainer, Kontrol PID, Quadcopter Lab PTE-05 merupakan salah satu matakuliah praktikum yang diajarkan dalam Kurikulum 2014 S1 Pendidikan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Malang dan merupakan salah satu matakuliah wajib bagi mahasiswa program keahlian elektro maupun elektronika.Berdasarkan hasil observasi dan wawancarayang telah dilakukan terhadap dosen pengampu matakuliah Praktikum Sistem Kendali, media pembelajaran berupa trainer aplikasi sistem kontrol yang ada di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang sudah ada, namun perlu diperbanyak dengan aplikasi-aplikasi teknologi sistem kendali digital yang sesuai perkembangan jaman untuk menunjang pembelajaran sistem kendali, sehingga fasilitas belajar mahasiswa menjadi lebih beraneka ragam untuk membantu mahasiswa dalam pemahaman materi. Tujuan dari pengembangan yang dilakukan adalah (1) Membuat Trainer Kontrol PID pada Quadcopter, (2) Membuat bahan ajar berupa modul praktikum (Jobsheet) Kontrol PID pada Quadcopter, (3) Membuat buku manual untuk trainerKontrol PID pada Quadcopter, (4) Menguji kelayakan Trainer Kontrol PID pada Quadcopter, (5) Menguji kelayakan bahan ajar berupa modul praktikum (Jobsheet) Kontrol PID pada Quadcopter, (6) Menguji kelayakan buku manual untuk trainerKontrol PID pada Quadcopter. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model pengembangan ADDIE. Angket yang digunakan terdiri dari tiga jenis berdasarkan responden, yaitu ahli 1, ahli 2, dan mahasiswa. Hasil validasi dan uji coba bahan ajar dilakukan dengan 5 tahapan adalah sebgai berikut: (1) validasi ahli 1sebesar 98,86%, (2) validasi ahli 2 sebesar 98,36%, (3) uji coba satu lawan satu sebesar 92,24%, (4) uji coba kelompok kecil sebesar 89,26%, (5) uji coba lapangan sebesar 90,95%. Hasil validasi dan uji coba menunjukkan bahwa bahan trainer kontrol PID pada quadcopter sangat valid dan sangat layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47906

Actions (login required)

View Item View Item