Pengembangan trainer pengaturan frekuensi pada generator 3 fasa berbasis virtual laboratory untuk menunjang mata kuliah praktikum mesin-mesin listrik bagi mahasiswa Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Muhammad Try Putranda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan trainer pengaturan frekuensi pada generator 3 fasa berbasis virtual laboratory untuk menunjang mata kuliah praktikum mesin-mesin listrik bagi mahasiswa Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Muhammad Try Putranda

Putranda, Muhammad Try (2018) Pengembangan trainer pengaturan frekuensi pada generator 3 fasa berbasis virtual laboratory untuk menunjang mata kuliah praktikum mesin-mesin listrik bagi mahasiswa Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Muhammad Try Putranda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Putranda Muhammad. 2017. Pengembagan Trainer Pengaturan Frekuensi pada Generator 3 Fasa Berbasis Virtual Laboratory untuk Menunjang Matakuliah Praktikum Mesin-Mesin Listrik bagi Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) M Rodhi Faiz S.T. M.T. (2) Yuni Rahmawati S.T. M.T. Kata Kunci Pengembangan Virtual laboratory Generator 3 Fasa. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan berupa wawancara dengan dosen pembina matakuliah praktikum mesin-mesin listrik di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang masih kurangnya trainer generator 3 Fasa dan penggunaan alat ukur yang terlalu banyak membuat proses praktikum membutuhkan waktu yang cukup lama. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengembangkan trainer pengaturan frekuensi generator 3 fasa berbasis virtual laboratory (2) mengembangkan jobsheet praktikum pengaturan frekuensi generator 3 fasa berbasis virtual laboratory (3) mengetahui kelayakan trainer pengaturan frekuensi generator 3 fasa berbasis virtual laboratory (4) mengetahui kelayakan jobsheet praktikum pengaturan frekuensi generator 3 fasa berbasis virtual laboratory. Model pengembangan bahan ajar ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahapan yaitu (1) Analisis (2) Desain (3) Pengembangan (4) Implementasi (5) Evaluasi. Proses validasi dilaksanakan oleh ahli materi ahli media dan melakukan implementasi pada uji kelompok kecil dan uji kelompok besar. Validasi bertujuan untuk mengukur kelayakan produk yang dikembangkan. Bahan ajar yang dihasilkan berupa jobsheet praktikum pengaturan frekuensi generator 3 fasa berbasis virtual laboratory. berdasarkan hasil uji coba diperoleh persentase dari tiap-tiap subyek uji coba sebagai berikut (1) pada ahli materi diperoleh persentase sebesar 90 00% (2) pada ahli media diperoleh persentase sebesar 88 75% (3) pada kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 85 54% (4) dan pada kelompok besar diperoleh persentase sebesar 89 71%. Dari hasil validasi dan uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pengaturan frekuensi generator 3 fasa berbasis virtual laboratory untuk menunjang matakuliah praktikum mesin-mesin listrik bagi mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang sudah memenuhi kriteria valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47905

Actions (login required)

View Item View Item