Perbedaan Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Menggunakan Model Pembelajaran Auditory Intellectual Repetition Dibanding Team Assisted Individualization pada Siswa Kelas X Teknik Instalasi Tenaga di SMK Negeri 3 Boyolangu / Hendra Septa Jatmiko

Jatmiko, Hendra Septa (2018) Perbedaan Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Menggunakan Model Pembelajaran Auditory Intellectual Repetition Dibanding Team Assisted Individualization pada Siswa Kelas X Teknik Instalasi Tenaga di SMK Negeri 3 Boyolangu / Hendra Septa Jatmiko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jatmiko, Hendra Septa. 2018. Perbedaan Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Menggunakan Model Pembelajaran AuditoryIntellectualRepetition dibandingkanTeam AssistedIndividualization pada Siswa Kelas X Teknik Instalasi Tenaga di SMK Negeri 3 Boyolangu. Pembimbing: (I) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T., M.Pd. (II) I Made Wirawan, S.T., S.S.T., M.T. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran AuditoryIntellectualRepetition, Model Pembelajaran Team AssistedIndividualization Model pembelajaran berfungsi dengan baik ketika model pembelajaran yang dapat memberi kontribusi dalam mempermudah siswa untuk memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru, serta memberikan suasana belajar yang dapat membangkitkan semangat belajar siswa. Pada pembelajaran di SMK Negeri 3 Boyolangu pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronik diketahui bahwa pembelajaran kerja kelompok yang diterapkan tidak dilaksanakan secara tepat sesuai dengan langkah-langkahnya. Pembelajaran kerja kelompok yang diterapkan dikelas masih menyebabkan aktivitas belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mengetahui deskripsi hasil belajar ranah pengetahuan mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika menggunakan model pembelajaran AuditoryIntellectuallyRepetition siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga di SMK Negeri 3 Boyolangu Kabupaten Tulungagung, (2) Mengetahui deskripsi hasil belajar ranah pengetahuan mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika menggunakan penerapan model pembelajaranTeam AssistedIndividualization siswa X Teknik Instalasi Tenaga di SMK Negeri 3 Boyolangu Kabupaten Tulungagung, (3) Mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar ranah pengetahuan mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika menggunakan model pembelajaranAuditoryIntellectuallyRepetition dan Team AssistedIndividualizationsiswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga di SMK Negeri 3 Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen quasiexperimentaldesigndan menggunakan tipe pretest-posttest, non-equivalentcontrolgroupdesign. Kelas eksperimen adalah kelas yang diajar menggunakan model AIR dan kelas kontrol adalah kelas yang diajar menggunakan model TAI. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen penelitian dan instrumen pengukuran. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik kuantitatif untuk menganalisis data kemampuan awal siswa dan hasil belajar siswa yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan dua rata-rata, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis datayangdilakukan makadapat disimpulkan sebagai berikut: (1) hasil belajarranah pengetahuan mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika menggunakan model pembelajaran AIR pada siswa kelas X TIT 1untuk rata-rata nilaiyaitu 78,17, (2) hasil belajarranah pengetahuan mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika denganmenggunakan model pembelajaran TAI pada siswa kelas X TIT 3untuk rata-rata nilaiyaitu88,00, (3) terdapat perbedaan signifikan hasil belajar ranah pengetahuan mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika denganmenggunakan model pembelajaran AIR dan model pembelajaranTAI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47902

Actions (login required)

View Item View Item