Hubungan Antara Kemanfaatan Praktik Industri dan Regulasi Diri Terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa S1 Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Dedy Ardian Syah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan Antara Kemanfaatan Praktik Industri dan Regulasi Diri Terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa S1 Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Dedy Ardian Syah

Syah, Dedy Ardian (2018) Hubungan Antara Kemanfaatan Praktik Industri dan Regulasi Diri Terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa S1 Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Dedy Ardian Syah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ardian S Dedy. 2017. Hubungan Antara Kemanfaatan Praktik Industri dan Regulasi Diri Terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa S1 Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. (II) Yuni Rahmawati S.T. M.T. Kata Kunci Kemanfaatan Praktik Industri Regulasi Diri Kesiapan Mengajar Mahasiswa. Program studi S1 Pendidikan Teknik Elektro merupakan program studi untuk melahirkan calon guru di bidang teknik elektro sesuai dengan kompetensi lulusan yang dicanangkan mencakup kompetensi bidang keguruan dan kompetensi bidang keteknikan. Terdapat empat kompetensi guru salah satunya adalah kompetensi profesional. Kompetensi ini mencakup penguasaan materi dan penguasaan media / sumber belajar. Salah satu matakuliah wajib yang harus ditempuh untuk menyelesaikan studi S1 PTE adalah praktik industri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap kemanfaatan praktik industri terhadap penguasaan kompetensi profesional guru. Selain itu untuk menjadi seorang guru profesional harus mampu mengendalikan peserta didik untuk mencapai tujuan belajar yang ditetapkan. Seorang guru harus mempunyai kemampuan untuk mengatur / mengendalikan diri sendiri sebelum mampu mengendalikan peserta didik. Kemampuan mengatur diri sendiri ini disebut dengan regulasi diri. Hasil uji deskriptif dari penelitian ini mengungkapkan bahwa tingkat kemanfaatan praktik industri di jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang termasuk dalam kategori cukup dengan persentasi sebesar 48 4%. Tingkat regulasi diri mahasiswa program studi S1 PTE UM 2014 berada dalam kategori kurang dengan persentasi sebesar 44 2%. Kesiapan mengajar mahasiswa S1 PTE UM 2014 berada dalam kategori cukup dengan persentasi 37 9%. Hasil Uji hipotesis mengungkapkan bahwa terjadi hubungan yang positif dan signifikan antara variabel bebas kemanfaatan praktik industri (X1) dan regulasi diri (X2) terhadap variabel terikat kesiapan mengajar (Y) secara parsial maupun secara simultan. Nilai koefisien regresi linear r1 0 459 dan r2 0 315 sedangkan nilai koefisien regresi linear berganda R 0 462. Faktor-faktor yang berpengaruh tinggi terhadap variabel kesiapan mengajar yaitu keterampilan manajemen pekerjaan pengetahuan dan metakognisi. Berdasarkan fakta-fakta yang berhasil diungkap maka disimpulkan bahwa Ha1 Ha2 dan Ha3 diterima yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel X1 dan X2 terhadap Y baik secara parsial maupun simultan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47900

Actions (login required)

View Item View Item