Hubungan antara keaktifan berorganisasi dan kemandirian belajar dengan hasil belajar mahasaiswa Jurusan Teknologi Pendidikan angkatan 2010 Universitas Negeri Malang / Nurillya Anggraini

Anggraini, Nurillya (2014) Hubungan antara keaktifan berorganisasi dan kemandirian belajar dengan hasil belajar mahasaiswa Jurusan Teknologi Pendidikan angkatan 2010 Universitas Negeri Malang / Nurillya Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anggraini, Nurillya. 2014. Hubungan antara Keaktifan Berorganisasi dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Angkatan 2010 Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Joseph Mbulu, M.Pd, (2) Henry Praherdhiono, S.Si, M.Pd Kata Kunci: Keaktifan berorganisasi, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar     Dewasa ini rendahnya minat mahasiswa masuk organisasi ekstra kampus disebabkan citra aktivis kampus yang kurang bagus. Aktivis sering digambarkan sebagai mahasiswa abadi, yang memiliki indeks prestasi pas-pasan dan lulusnya lama. Disamping itu pada umumnya mahasiswa tidak memiliki tujuan belajar dan prioritas yang pasti. Mahasiswa juga tidak memiliki jadwal belajar yang khusus selain jadwal perkuliahan yang sudah ada. Hal ini menyebabkan kegiatan mahasiswa yang berhubungan dengan akademik cenderung mengikuti jadwal perkuliahan saja. Mahasiswa masih menjalankan kewajiban akademiknya bila sudah mendekati waktunya seperti belajar saat menjelang waktu ujian dan mengerjakan tugas dari dosen mendekati batas waktu pengumpulan.     Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan keaktifan berorganisasi dengan hasil belajar dan hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar mahasiswa jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang.     Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian korelasional. Data penelitian yang berupa data kuantitatif yang diperoleh dari responden dan sumber data dengan subyek penelitian ini sebanyak 22 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner tentang keaktifan berorganisasi dan kemandirian belajar, serta dokumentasi kartu hasil studi mahasiswa jurusan Teknologi Pendidikan angkatan 2010 pada semester 5. Kegiatan analisis data menggunakan analisis korelasi spearman rank, dimana analisis korelasi spearman rank digunakan untuk menguji hubungan antara keaktifan berorganisasi dengan hasil belajar, dan hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar.     Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh dua kesimpulan. Pertama, antara keaktifan berorganisasi dengan hasil belajar memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan kata lain mahasiswa yang aktif berorganisasi memiliki dampak yang positif terhadap hasil belajar yang diperoleh.     Kedua, antara kemandirian belajar dengan hasil belajar memiliki hubungan yang positif dan signifikan, dengan kata lain mahasiswa yang memiliki kemandirian belajar akan memberikan dampak yang positif terhadap hasil belajar yang diperoleh.     Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan adalah mahasiswa diharapkan aktif dalam organisasi karena aktif berorganisasi memiliki hubungan yang positif dengan hasil belajar. Mahasiswa diharapkan meningkatkan kemandirian belajar, karena mahasiswa yang mandiri dalam belajar, hasil belajar yang diperoleh cenderung tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/479

Actions (login required)

View Item View Item